alexametrics

Menko Luhut: Kalau Mau Liburan Ke Bali Harus Patuhi Aturan

17 Desember 2020, 13:57:17 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinasi Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, bagi para wisataaan yang ingin berlibur ke pulau dewata wajib mengikuti aturan yang berlaku. Sebab, salah satu syarat masuk ke Bali wajib menyertakan surat tes PCR dan rapid antigen.

“Ingatkan lagi ke mereka kalau mau libur enak-enak di Bali ya patuhi saja aturan ini,” ujarnya dalam video conferece seperi dikutip, Kamis (17/12).

Luhut meminta agar pemerintah provinsi Bali terus melakukan sosialisasi terkait kebijakan tersebut. Salah satunya juga mengenakkan aturan dan hukuman bila hal itu dilanggar. “Kalau kita lakukan peraturan perundang-undangan ditindak aja sesuai aturan. Tapi kita sosialisasikan,” ucapnya.

Luhut menyampaikan, aturan di Bali terkait hal ini akan menjadi percontohan bagi daerah lainnya. Luhut meminta bagi yang naik pesawat untuk berlibur ke Bali pun tergolong mampu harus melakukan fasilitas PCR swab H-2 sebelum terbang.

“Jadi Bali ini mau kita jadikan percontohan jadi datang upon arrival dia sudah ada testing PCR yang terbang, dia bayar sendiri karena orang terbang kan punya uang,” tegasnya.

Sementara itu, tes rapid antigen juga mesti dilakukan H-2 perjalanan darat ke Bali. “Yang perjalanan darat juga menggunakan tes antigen,” ucapnya.

Baca juga: Masuk Bali via Udara Wajib Tes PCR

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi Bali sendiri telah mengeluarkan surat edaran untuk wisatawan yang akan memasuki Bali saat libur Natal dan tahun baru dengan Surat Edaran (SE) Gubernur Nomor 2021 Tahun 2020. Wisatawan wajib menunjukkan surat negatif hasil tes swab berbasis PCR bagi yang melalui jalur udara dan rapid test antigen bagi yang menggunakan moda darat dan laut.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Kuswandi

Reporter : Romys Binekasri


Close Ads