alexametrics

Samuel Hartono, Pemilik Showroom Disidang karena Jual Mobil tanpa BPKB

Jadi Agunan Utang ke Pihak Lain
30 Juli 2021, 13:48:02 WIB

JawaPos.com – Samuel Hartono Goenawan diadili karena didakwa menggelapkan BPKB. Dokumen bukti kepemilikan kendaraan itu digadaikan pemilik Happy Family tersebut kepada pihak lain. Padahal, unit mobil Mitsu)bishi All New Pajero Sport Dakar AT telah dijual kepada Nataniel Tutuhatunewa secara kredit.

Terdakwa juga sudah menerima pembayaran uang muka Rp 300,5 juta dari Nataniel. Perusahan leasing U Finance lantas melunasi pembayaran mobil tersebut senilai Rp 207,7 juta. Kesepakatannya, Nataniel nanti membayar kredit kepada U Finance. Samuel harus menyerahkan BPKB mobil itu kepada perusahaan leasing tersebut. Namun, hingga batas waktu yang telah disepakati, dia tidak menyerahkan BPKB mobil kepada U Finance.

”BPKB mobil biasanya tiga bulan. Ternyata BPKB diserahkan kepada pihak lain dan sampai saat ini belum dipenuhi,” ujar Irawan Sucahyo dari U Finance saat memberikan keterangan sebagai saksi dalam sidang di Pengadilan Negeri Surabaya kemarin (29/7).

Samuel ternyata diam-diam tanpa sepengetahuan Nataniel dan U Finance menggadaikan BPKB mobil tersebut kepada Agus Wijaya. BPKB itu dihargai Rp 315 juta. Terdakwa menukar jaminan dua BPKB sebelumnya dengan BPKB baru tersebut. BPKB sebelumnya yang digadaikan ke Agus adalah BPKB Honda HR-V senilai Rp 160 juta dan Toyota Vellfire senilai Rp 165 juta.

”Terdakwa sebelumnya mempunyai utang dengan saudara Agus Wijaya dengan jaminan beberapa BPKB mobil,” ungkap jaksa penuntut umum Hasan Efendi dalam dakwaannya.

Pihak U Finance yang sudah terlalu lama menunggu lantas mengirimkan surat peringatan kepada terdakwa Samuel agar segera menyerahkan BPKB. Namun, tidak ada kejelasan. Samuel bersedia bertemu dengan pihak leasing tersebut. Dalam pertemuan, terdakwa mengakui BPKB itu telah digadaikan, tetapi berkeberatan menyebutkan tempatnya. Dia berjanji menyerahkannya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gas/c14/eko

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads