alexametrics

30 Lagu Diaransemen Ulang, Rhoma Irama Gugat Rp 1 Miliar

21 Februari 2021, 12:23:23 WIB

PT Sandi Record Rp 1 miliar. Ada 30 lagu milik Rhoma Irama yang diaransemen ulang dan diunggah di YouTube tanpa izin.

SETAHUN lalu, Rhoma Irama mendapat laporan lagu-lagu ciptaannya yang dinyanyikan penyanyi lain dan beredar di YouTube. Lagu-lagu yang diaransemen ulang itu diproduksi perusahaan rekaman PT Sandi Record. Padahal, raja dangdut tersebut tidak pernah merasa memberikan izin kepada perusahaan rekaman itu untuk memanfaatkan lagu-lagu ciptaannya.

”Ada yang info di YouTube beredar, itu sudah ada izin belum. Dia (Rhoma) bilang enggak ngerti saya. Karena ada produsernya juga monitor,” ujar pengacara Rhoma Irama, R. Iwan Ameeroeddin.

Setelah ditelusuri, ada 30 lagu yang diproduksi dan diunggah PT Sandi Record di YouTube. Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh sejumlah penyanyi dangdut itu sudah diunggah secara bertahap sejak dua tahun lalu. ”Di-upload dan dimasukkan ke dalam YouTube tanpa izin tertulis dari Pak Haji Rhoma Irama,” katanya.

Misalnya, lagu Tabir Kepalsuan yang dinyanyikan Sodiq. Lagu tersebut terhitung sejak Januari lalu sudah ditonton lebih dari tiga juta kali. Lagu Teman Biasa yang dinyanyikan Evie Tamala sudah ditonton lebih dari 564 ribu kali. Kerinduan yang dinyanyikan Suliana featuring Sodiq juga sudah ditonton lebih dari 500 ribu kali.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gas/c17/eko




Close Ads