alexametrics

Ruas Tol Baru di Jawa Timur Tunggu Kementerian Marves

Tol Manyar–Tuban hingga Trenggalek–Banyuwangi
15 Mei 2021, 12:48:06 WIB

JawaPos.com – Begitu banyak ruas tol baru yang rencananya dibangun di Jatim. Sebagian di antaranya sudah masuk Perpres 80/2019 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Ekonomi Gerbangkertosusila, Bromo Tengger Semeru (BTS), selingkar Wilis, dan lintas selatan.

Selain ruas-ruas yang sudah siap dibangun, ada sejumlah ruas yang sedang dalam kajian pemerintah pusat. Jika terealisasi, seluruh wilayah di Jatim bakal terkoneksi dengan tol.

Salah satu yang sudah masuk perpres adalah tol Manyar–Tuban. Ruas tersebut masuk rencana strategis nasional. Proyeksi awal, tol itu sudah bisa dibangun tahun lalu. Namun, hingga kini, kelanjutan proyek tersebut belum dipastikan. ”Untuk rencana pengembangan tol (termasuk Manyar–Tuban), masih dibahas Kementerian Maritim dan Investasi (Marves),” kata Plt Kepala Dinas PU Bina Marga Jawa Timur Nyono.

Sesuai rencana, berdasar Perpres 80/2019, nilai investasi proyek tol Manyar–Tuban diperkirakan Rp 14,5 triliun. Panjangnya sekitar 76,8 kilometer. Tol tersebut diproyeksikan bisa mendongkrak industri perdagangan pesisir pantai utara Jawa Timur. Jika terwujud, nanti tol tersebut disambungkan menuju Bojonegoro hingga tol trans-Jawa di ruas Ngawi–Madiun.

Ruas tol lain yang masuk perpres tersebut adalah Malang–Kepanjen dan tol Banyuwangi–Trenggalek. Dua tol tersebut bertujuan menyambungkan wilayah utara-selatan.

Di luar itu, juga ada rencana ruas tol lain yang akan dibangun di Jawa Timur. Yakni, tol Leces (Probolinggo)–Jember. Sama, ruas tersebut juga masih dalam pembahasan lanjutan.

Sementara itu, rencana pembangunan sejumlah ruas tol baru sudah matang. Salah satunya, tol Kertosono–Kediri–Tulungagung. Saat ini tinggal persiapan rencana pengerjaan. Misalnya, penghitungan nilai investasi hingga detail engineering design (DED)-nya.

Pemerintah pusat dan pemprov juga sedang berfokus pada rencana pengembangan yang sudah masuk agenda nasional. Yakni, tol Pasuruan–Probolinggo seksi IV, yang nanti dilanjutkan pembangunan tol Probolinggo–Banyuwangi (Probowangi) seksi I.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : riq/c13/ris

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads