alexametrics

Kelepasan Memberikan Kode OTP, Akun Pinjaman Online Jebol Rp 23 Juta

Dipakai Orang Lain Kredit Elektronik
10 April 2021, 13:48:39 WIB

JawaPos.com – Dina Febriyani melapor ke Polrestabes Surabaya, Jumat (9/4). Akun pinjaman online Kredivo dibobol. Warga Benowo itu harus menanggung tagihan Rp 23 juta.

Dina menuturkan, pembobolan itu terjadi dua hari sebelumnya. Mulanya dia mendapat notifikasi kenaikan limit di aplikasi kredit digital miliknya. Lantaran tertarik, perempuan 38 tahun tersebut melakukan update yang menjadi persyaratan.

Dia mengisi data yang diminta. ”Dalam hitungan detik setelah update, limit akun saya memang naik,” jelasnya. Dari awalnya sekitar Rp 5 juta menjadi Rp 30 juta.

Namun, tidak lama berselang dia mendapat belasan e-mail dari pengirim yang berbeda. Inti pesannya sama. Dina diminta mengembalikan pencairan dana.

Dia spontan membalas salah satu e-mail. Dina menjelaskan tidak melakukan transaksi apa pun. ”Hanya update limit, tidak ada uang yang saya cairkan atau untuk transaksi,” ujarnya. Walaupun begitu, sejumlah e-mail lain dengan pesan yang sama tetap masuk.

Dina yang tertekan selanjutnya mencoba menghubungi nomor customer service di aplikasi. Namun, nomor tidak bisa dikontak. Dia lantas berusaha mencari kontak lain pelayanan aplikasi di internet.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : edi/c12/eko

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads