alexametrics

Jumlah Anak yang Terdeteksi Positif Covid-19 di Surabaya Meningkat

3 Desember 2020, 19:56:02 WIB

JawaPos.com – Pasien anak positif Covid-19 di Rumah Sakit Lapangan Kogabwilhan II (RSLK) Indrapura terus bertambah. Saat ini 20 anak mendapatkan perawatan medis. Mereka berusia 2 bulan hingga 15 tahun. Mayoritas anak itu tertular dari orang tuanya.

”Sebanyak 20 anak merupakan jumlah tertinggi pada November hingga sekarang,” kata Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 RSLK Indrapura Radian Jadid kemarin (2/12).

Diduga, virus SARS-CoV-2 menyebar di lingkungan tempat tinggal. Sebab, protokol kesehatan (prokes) tidak diterapkan di rumah. Salah satunya, memakai masker. Ditambah lagi, orang tua kurang memperhatikan kebersihan. ”Sampai di rumah, mereka langsung bermain sama anaknya. Seharusnya mereka lebih dulu membersihkan diri,” ujarnya.

Banyaknya pasien anak menuntut tim di RSLK harus lebih sabar dan kreatif. Jangan sampai anak-anak merasa bosan berada di RSLK sehingga rewel dan minta pulang. Kemudian, selama penyembuhan, orang tua harus terus berada di samping anaknya.

Kondisi psikologis yang baik membuat masa penyembuhan pasien anak jauh lebih cepat daripada orang dewasa. Hanya dalam waktu lima hari, mereka sudah dinyatakan negatif Covid-19. Jauh berbeda dengan orang dewasa yang butuh waktu penyembuhan 10 hari.

Selain anak-anak, jumlah ibu hamil (bumil) yang terpapar Covid-19 juga meningkat. Ada 13 bumil. Untungnya, virus tersebut tidak membahayakan bayi yang dikandung.

Jadid menyebutkan, hingga kini total pasien yang dinyatakan sembuh dari RSLK mencapai 3.596 orang. Setiap hari lebih dari 30 mantan pasien dipu_langkan. Namun, jumlah pasien yang masih dirawat tak lantas telah berkurang. Masih ada 203 pasien. Perinciannya, 131 pasien laki-laki dan 72 pasien perempuan. Sebanyak 104 pasien di antaranya berdomisili di Surabaya.

Karena banyak pasien yang dirawat, persediaan sembako makin menipis. Sembako diberikan kepada keluarga pasien Covid-19 yang tengah dirawat di RSLK. Setiap bulan 100–200 paket sembako didistribusikan.

Untuk memenuhi kebutuhan, pihaknya menggandeng para donatur. Meski, pemerintah telah memberikan bantuan permakanan terhadap keluarga yang terkena Covid-19. Namun, kenyataan di lapangan, bantuan yang diberikan masih kurang. 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ian/c14/any


Close Ads