alexametrics
Swiss Open 2021

Banjir Kesalahan, Eks Juara Dunia Junior Indonesia Dihabisi No 1 India

4 Maret 2021, 16:47:51 WIB

JawaPos.com-Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari gagal melaju ke babak perempat final Swiss Open 2021.

Dalam pertandingan di lapangan 2, St. Jakobshalle, Basel, Swiss hari ini (4/3), Rinov/Pitha dikalahkan ganda campuran nomor satu India Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa dalam dua game langsung dengan skor 18-21, 16-21.

Ini adalah pertemuan pertama kedua pasangan. Ternyata, ganda Indonesia yang merupakan juara dunia junior 2017 tersebut gagal untuk lepas dari tekanan intens lawan.

“Kami meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia belum bisa memberikan yang terbaik,” kata Rinov dikutip dari siaran pers PP PBSI.

Pada awal game pertama, Rinov/Pitha berhasil tampil baik dan solid. Mereka mampu unggul 8-5. Sayang, keunggulan tersebut tidak mampu dipertahankan. Rinov/Pitha lebih banyak tertekan dan dikendalikan lawan.

Apalagi, pasangan nomor 22 dunia tersebut banyak melakukan kesalahan sendiri. Selain itu, Rinov/Pitha banyak memberikan peluang kepada Rankireddy untuk melakukan serangan-serangan tajam. Hal ini membuat pasangan nomor 19 dunia tersebut banyak mendulang angka demi angka.

Hasilnya, Rankireddy/Ponnappa melesat dan unggul 16-11. Saat kondisi sudah seperti itu, mereka mudah untuk terus melaju dan menutup game pertama dalam kedudukan 21-18.

Pada awal game kedua, pertandingan menjadi sangat seru. Saling kejar poin terjadi. Rinov/Pitha sempat unggul 6-4, tetapi Rankireddy/Ponnappa mampu menyamakan kedudukan, hasil dua kali kesalahan sendiri yang dilakukan oleh Pitha.

Rinov/Pitha kembali memimpin dua angka, 8-6. Tetapi lagi-lagi Rankireddy/Ponnappa berhasil menyamakan kedudukan dan bahkan unggul dalam interval, 11-10.

Pasca jeda itu, Rinov/Pitha banyak sekali melakukan kesalahan sendiri. Ini membuat Rankireddy/Ponnappa mendapatkan poin-poin mudah. Mereka unggul jauh dalam kondisi 19-14.

Sebuah pengembalian yang terlalu ke belakang dari Rinov membuat Rankireddy/Ponnappa mencapai match point dengan skor 20-15. Rankireddy lantas mengakhiri pertandingan melalui sebuah smes keras ke arah Pitha dan membuat kedudukan menjadi 21-16 pada game kedua.

Ini adalah kemenangan dua kali beruntun bagi Rankireddy/Ponnappa dalam dua babak awal. Di babak pertama, mereka mengalahkan unggulan kedua Swiss Open 2021 asal Indonesia Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

“Ya, tadi dari awal kami mencoba untuk mengambil inisiatif serangan. Tidak banyak mengangkat bola karena itu senjata lawan. Tapi beberapa kali kami tidak tahan dengan pola ini. Jadi terserang lagi. Selain itu, kami juga masih sering melakukan kesalahan sendiri,” ucap Rinov.

“Pekerjaan rumah kami masih banyak, teknis dan nonteknis harus diperbaiki. Terutama saya, karena merasa feel pertandingan saya belum kembali 100 persen,” imbuh Rinov.

Baca Juga:
Main Fantastis, Juara Dunia Junior asal Indonesia Bantai No 1 Prancis
Kejutan Besar, Unggulan 2 asal Indonesia Sudah Tumbang di Babak 1
Bangkit Hebat, Ganda Indonesia No 54 Dunia Sikat Juara Benua Amerika

Dengan kekalahan Rinov/Pitha ini, maka ganda campuran Indonesia sudah habis di babak kedua. Tidak ada satupun dari tiga wakil yang mampu melaju ke perempat final turnamen level Super 300 tersebut.

Ganda campuran lain, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso juga sudah tumbang pada babak pertama.

Editor : Ainur Rohman




Close Ads