alexametrics
Swiss Open 2021

Main Fantastis, Juara Dunia Junior asal Indonesia Bantai No 1 Prancis

3 Maret 2021, 23:36:02 WIB

JawaPos.com-Ganda putra Indonesia Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin melaju mulus ke babak kedua Swiss Open 2021.

Bermain di lapangan 4 St. Jakobshalle, Basel, Swiss, hari ini (3/3), Leo/Daniel bermain fantastis untuk membantai ganda nomor 1 Prancis Eloi Adam/Julien Maio di babak pertama. Leo/Daniel menang dalam straight game dengan skor 21-12, 21-10.

Leo/Daniel menyelesaikan laga ini dengan singkat saja, hanya 29 menit.

Baca Juga: Bangkit Hebat, Ganda Indonesia No 54 Dunia Sikat Juara Benua Amerika

Secara peringkat, Leo/Daniel memang berada di atas Adam/Maio. Saat ini, juara dunia junior 2019 tersebut ada di peringkat 42 dunia. Sedangkan Adam/Maio memiliki ranking 51 dunia. Keunggulan ini, walaupun tipis, benar-benar terlihat dalam pertandingan.

Pada game pertama laga ini, Leo/Daniel benar-benar tidak memberikan kesempatan kepada Adam/Maio untuk berkembang. Mereka selalu unggul jauh dan sama sekali tidak terkejar. Dalam posisi 13-8, Leo/Daniel melesat, memimpin 17-11, dan akhirnya menutup game pertama dalam posisi 21-12.

Di game kedua, penampilan Leo/Daniel lebih sangar lagi. Dua pemain yang baru berusia 19 tahun tersebut menggila dan langsung unggul 18-4. Leo/Daniel akhirnya memungkasi game kedua tersebut dengan kemenangan telak 21-10.

Pada babak kedua besok (4/3), Leo/Daniel akan berhadapan dengan lawan berat yakni unggulan delapan asal Inggris Ben Lane/Sean Vendy. Hari ini, Lane/Vendy mengalahkan Philip Illum Klindt/Mads Thogersen asal Denmark dalam dua game langsung dengan skor 21-18, 21-18.

Sebelum pertandingan, Daniel menjelaskan bahwa dalam Swiss Open 2021 ini, memang banyak pemain Asia yang absen. Namun, lawan-lawan yang lain tetap patut diwaspadai. ”Berusaha bisa sampai babak perempat final dulu. Meski, sebelum sampai ke situ, tantangannya tetap banyak,” ujar Daniel.

Meski hanya dituntut untuk mengambil pengalaman bertanding, mereka tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan dalam Swiss Open 2021 ini. ”Apa pun hasilnya bertahap dulu. Kami ingin masuk 20 besar dulu untuk tahun ini. Kalau masih (ranking) 30-an, itu riskan. Bisa tersalip,” timpal Leo.

Daniel sendiri ingin mengulang performa seperti di Bangkok lalu. ”Target masih sama. Jangan mudah menyerah walau ketinggalan. Jangan mau kalah sama yang levelnya lebih atas. Juga nggak meremehkan siapa pun lawannya,” tutur Daniel.

Pelatih kepala ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi menyatakan, ini adalah momentum bagi Leo/Daniel untuk menunjukkan progres selama latihan. Hasil Thailand Open lalu, terutama saat menembus semifinal Thailand Open I belum cukup untuk menilai secara keseluruhan.

Baca Juga:
Bantai Ganda Belanda, Juara Dunia Junior asal Indonesia Lolos Nyaman
Kejutan Besar, Unggulan 2 asal Indonesia Sudah Tumbang di Babak 1

”Ketemu lawan baru lagi, lihat bagaimana mereka bisa mengatasi itu. Semakin banyak mereka bertemu lawan dari luar, makin banyak pelajaran. Jadi, tahu mana yang harus diperbaiki untuk ke depannya,” ucap Herry IP kepada Jawa Pos.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c14/bas




Close Ads