alexametrics
EURO 2020

9 Tahun setelah Gol Hantu Itu

3 Juli 2021, 13:50:16 WIB

JawaPos.com – Tiap akan melawan Jerman, Inggris selalu menggugat “gol” Frank Lampard yang tak disahkan di Piala Dunia 2010. Tapi, setiap jelang menghadapi Ukraina, giliran Inggris yang digugat soal gol “hantu”.

“Viktor (Kassai, matchday terakhir grup D Euro 2012) sudah mencuri golku,” keluh bomber timnas Ukraina kala itu, Marko Devic, seperti dikutip Sport.

Ya, andaikan bola yang sudah melewati garis gawang Joe Hart tersebut disahkan wasit Kassai, cerita pertandingan mungkin akan lain. Ukraina sebagai tuan rumah Euro 2012 ketika itu bisa saja yang melaju ke fase knockout.

Tapi, akhirnya Inggris-lah yang lolos setelah gol Wayne Rooney pada menit ke-48 tetap jadi satu-satunya pembeda yang tercipta di Donbass Arena, Donetsk, saat itu. Sekaligus jadi gol penutup petualangan Ukraina di Euro.

Setelah insiden di Donbass Arena tersebut, kedua tim pernah bertemu dua kali dalam kualifikasi Piala Dunia 2014. Namun, dari dua laga, entah di London atau Kyiv, tak pernah ada pemenangnya.

Nah, sembilan tahun berlalu dari insiden yang kemudian turut memicu dikembangkannya teknologi garis gawang itu, Ukraina bersua kembali dengan Inggris. Kali ini pada perempat final Euro 2020 di Stadio Olimpico, Roma, dini hari nanti WIB. ’’(Andriy) Yarmolenko sangat besar motivasinya menghadapi Inggris,’’ sebut gelandang serang Ukraina Ruslan Malinovskyi seperti dikutip The Guardian.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ren/c17/ttg

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads