Minggu, 22 Apr 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Finance

Tutup Kerugian Nasabah Korban Skimming, Mandiri Keluarkan Dana Segini

| editor : 

Ilustrasi nasabah bank  akan melakukan transaksi menggunakan ATM

Ilustrasi nasabah bank akan melakukan transaksi menggunakan ATM (DOK.ISSAK RAMADHAN/JAWAPOS.COM)

JawaPos.com - Direktur Utama Bank Mandiri, Kartiko Wirjoatmodjo menuturkan pihaknya telah mengganti uang nasabah yang menjadi korban skimming sebanyak Rp 150 juta. Ini menyusul hilangnya saldo belasan nasabah Bank Mandiri secara misterius di kantor Bank Mandiri KCP Surabaya Graha Pena, Senin (19/3).

“Nggak banyak, nggak sampai Rp 100 juta, kecil lho. Paling banter Rp 150 jutaan lah,” ujar Tiko di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (20/3).

Adapun, Tiko mengatakan kejahatan skimming bisa dilakukan di berbagai ATM bank. Dalam hal ini Mandiri sudah melaporkan ke pihak kepolisian terkait kejadian tersebut. Selain itu, pihaknya mengaku telah melakukan pencegahan. Nantinya, apabila ada pemalsuan kartu debit akan langsung diganti rugi oleh pihak Mandiri.

Ilustrasi nasabah bank  akan melakukan transaksi menggunakan ATM

Ilustrasi nasabah bank akan melakukan transaksi menggunakan ATM (DOK. ISSAK RAMADHAN/JAWAPOS.COM)

“Ketika ada pemalsuan debit card kita langsung bayar, kita langsung ganti, kita harapkan nasabah proaktif apabila ada transaksi yang tidak dilakukan oleh pihak yang bersangkutan,” ungkapnya.

Tiko mengatakan, sejauh ini kejadian tersebut belum merembet ke kota lain. Bila dilihat dari kejadian pertama, pelaku merupakan sindikat. Dan hingga saat ini belum ada laporan dari nasabah di daerah lain terkait hilangnya saldo nasabah.

Dalam kesempatan yang berbeda, Sekretaris Perusahaan Mandiri, Rohan Hafas menuturkan petugas keamanan Bank Mandiri berhasil mengidentifikasi pelaku praktik skimming sehingga dapat mendukung kepolisian dalam menangkap seluruh pelaku kejahatan skimming yang sangat meresahkan.

Melalui sistem yang sudah dimiliki Mandiri, pihaknya juga dapat mendeteksi kartu nasabah apabila terkena skimming sehingga secara otomatis Mandiri bisa langsung melakukam pemblokiran kartu tersebut.

(ce1/uji/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP