Jumat, 15 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Sepakbola Indonesia

Liga 2 2017

Kalteng Putra Lolos ke Babak 8 Besar Setelah Kalahkan Persebaya

Persebaya Surabaya 0-1 Kalteng Putra

| editor : 

Persebaya Surabaya vs Kalteng Putra

Duel Persebaya kontra Kalteng Putra. Kalteng Putra menang 1-0 dan lolos ke babak 8-besar (Hendry Prie/Kalteng Pos)

JawaPos.com - Kalteng Putra secara dramatis berhasil lolos ke babak delapan besar kompetisi Liga 2 2017. Tiket itu diraih setelah anak asuh Kashartadi mengalahkan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kamis (12/10) sore dengan skor 1-0. Kemenangan itu membuat Kalteng Putra juara Grup C dengan 11 poin. Sedangkan Persebaya harus puas sebagai runner-up dengan sembilan angka.

Peluang pertama untuk Persebaya diciptakan Sidik Saimima pada menit ke-5. Namun tendangannya mengarah tepat ke tangkapan kiper Galih Sudaryono. Saimima kembali mengancam gawang Kalteng Putra pada menit ke-8. Tapi, masih bisa dipatahkan Galih.

Ricky Kayame mencetak peluang emas untuk Persebaya pada menit ke-12. Sayang, meski tinggal berhadapan dengan kiper, sontekannya melenceng tipis di kiri gawang. Green Force kembali menebar ancaman dari tendangan bebas Misbakhus Solikin menit ke-15. Lagi-lagi Galih mampu menggagalkannya.

Para pemain Kalteng Putra merayakan keberhasilan lolos ke 8-besar

Para pemain Kalteng Putra merayakan keberhasilan lolos ke 8-besar (Hendry Prie/Kalteng Pos)

Solikin kembali memperoleh kans dari tendangan bebas menit ke-17. Sayang bola melambung tipis di atas mistar. Tendangan on target ketiga untuk Persebaya dihasilkan Ricky Kayame menit ke-24. Akan tetapi bola terlalu lemah dan mudah diantisipasi kiper Kalteng Putra.

Satu menit kemudian Ricky kembali menebar ancaman di gawang Galih. Liukannya di kotak penalti Kalteng Putra diakhiri lewat tembakan keras yang mengarah ke gawang. Namun Galih lebih cepat dalam mengantisipasi. Galih bermain cukup baik di babak pertama. Ia berulang kali menyelamatkan gawangnya dari ancaman para pemain Persebaya.

Serangan Persebaya sedikit kendur pada 15 menit terakhir babak pertama. Kondisi ini dimanfaatkan Kalteng Putra untuk bermain terbuka dan mulai memberikan ancaman ke pertahanan tuan rumah. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Persebaya harus kehilangan motor serangan Solikin yang mengalami cedera pada awal babak kedua. Posisi Solikin digantikan Rangga Muslim pada menit ke-58. Permainan Persebaya tampaknya sudah terbaca oleh Kalteng Putra. Tim tamu memilih menumpuk banyak pemain di pertahanan guna membuat Persebaya kesulitan mencetak gol.

Persebaya tak bisa berbuat banyak menghadapi tim dengan strategi parkir bus. Apalagi Kalteng Putra sangat disiplin dalam menata organisasi pertahanannya. Mereka memasang lima pemain sebagai bek, serta tiga gelandang bertahan. Praktis lini serang hanya menyisakan Rivaldy Bawuo.

Terlalu asyik menyerang membuat lini belakang Persebaya rapuh. Melalui counter attack, Rivaldy Bawuo membawa Kalteng Putra unggul 1-0 pada menit ke-77. Sementara itu para pemain Kalteng Putra mulai bertumbangan karena cedera. Kondisi ini memantik emosi suporter. Mereka menganggap tim tamu coba mengulur-ulur waktu.

Peluang pada pengujung babak kedua diciptakan Ricky Kayame menit ke-89. Namun tendangannya dari dalam kotak penalti melebar tipis di kiri gawang. Pun demikian dengan tendangan bebas M. Hidayat pada masa injury time yang belum tepat sasaran. Skor 1-0 untuk kemenangan Kalteng Putra bertahan hingga akhir pertandingan.

SUSUNAN PEMAIN
Persebaya Surabaya: Miswar Saputra, Andri Muliadi, Fandry Imbiri, Abu Rizal Maulana (Yogi Novrian, 75'), Irvan Febrianto, M. Sidik Saimima (Mei Handoko Prasetyo, 68'), M. Hidayat, Misbakhus Solikin (Rangga Muslim, 58'), Rendi Irwan Saputra, Oktafianus Fernando, Ricky Kayame
Pelatih: Angel Alfredo Vera

Kalteng Putra: Galih Sudaryono, Bhudiar M. Riza, Bursanuddin Ahya, Fauzan Fajri, Ikhfanul Alam (M. Iqbal, 70'), Yericho Christiantoko, Ade Suhendra, Dennis Buiney, Faria Rofanda (Dominggus Karewai, 28'/Yus Arfandy Djafar, 93'), M. Raid, Rivaldy Bawuo
Pelatih: Kashartadi

Wasit: Syamsuddin Mahmud (Aceh Singkil)

(saf/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP