alexametrics

Jack Dorsey Mengundurkan Diri sebagai CEO Twitter

30 November 2021, 13:54:39 WIB

JawaPos.com – Pendiri dan CEO Twitter Jack Dorsey pada Senin (29/11) resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan tertinggi di Twitter. Dewan perusahaan telah dengan suara bulat menunjuk chief technology officer perusahaan Parag Agrawal sebagai penggantinya.

Pengunduran diri Dorsey, yang telah memimpin Twitter sebagai chief executive officer sejak 2015, segera berlaku. Namun, ia akan tetap menjadi anggota dewan pengawas Twitter hingga masa jabatannya berakhir pada 2022 untuk membantu kelancaran transisi bagi CEO yang baru diangkat yakni Parag Agrawal.

Dorsey yang merupakan pendiri media sosial (medsos) dengan logo burung biru itu menyatakan dalam email resminya bahwa pengunduran dirinya sebagai CEO adalah atas keputusan dirinya sendiri.

“Itu sulit bagi saya, tentu saja. Saya sangat menyukai layanan ini, perusahaan, dan Anda semua. Saya benar-benar sedih, namun sangat bahagia. Tidak banyak yang mencapai level ini,” terang Dorsey pamit kepada seluruh rekan kerjanya di Twitter.

Menurutnya, keputusan ini adalah langkah yang tepat yang diambilnya. Hal ini juga disebutnya diambil untuk kepentingam bersama yakni memajukan Twitter dan tetap menjadi tempat yang “berbeda” di antara medsos-medsos lainnya.

“Tidak banyak pendiri yang memilih perusahaan mereka dari pada ego mereka sendiri. Saya tahu, saya akan membuktikan bahwa ini adalah langkah yang tepat,” tegas Dorsey.

Dia lebih lanjut menyatakan, keputusan untuk meninggalkan Twitter karena dirinya yakin perusahaan siap untuk move on dari para pendirinya selain dirinya yakni Biz Stone, Evan Williams dan Noah Glass.

“Kepercayaan saya pada Parag sebagai CEO Twitter sangat dalam. Karyanya selama 10 tahun terakhir telah transformasional. Saya sangat berterima kasih atas keterampilan, hati, dan jiwanya. Saatnya dia memimpin,” tandas Dorsey.

Sementara itu, dikutip dari Gizmochina,  Parag Agrawal yang menggantikan Dorsey selaku CEO Twitter adalah orang India-Amerika yang telah bekerja di Twitter selama lebih dari satu dekade dan telah menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) sejak Oktober 2017.

Sebagai CTO, dia bertanggung jawab atas strategi teknis perusahaan, memimpin pekerjaan untuk meningkatkan pengembangan kecepatan sambil memajukan keadaan Machine Learning di seluruh perusahaan.

Sebelum diangkat menjadi CTO, Parag telah meningkat menjadi Insinyur Terhormat pertama Twitter karena pendapatan dan pekerjaan rekayasa konsumennya, termasuk dampaknya pada percepatan kembali pertumbuhan pemirsa pada tahun 2016 dan 2017.

Sebelum bergabung dengan Twitter, Parag bekerja untuk perusahaan terkenal seperti Microsoft , Yahoo, dan AT&T Labs. Parag menyandang gelar Ph.D. dalam Ilmu Komputer dari Universitas Stanford dan gelar Sarjana dalam Ilmu dan Teknik Komputer dari Institut Teknologi India, Bombay. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads