JawaPos Radar

Pilpres 2019

Mantan Panglima TNI Jadi Ketua Timses, SBY Super Mentornya

16/08/2018, 12:44 WIB | Editor: Dimas Ryandi
SBY dan Prabowo
Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua umum Gerindra Prabowo saat berjabat erat usai menggelar pertemua tertutup. (Issak/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah menunjuk Jenderal (purn) Djoko Santoso (DS) sebagai ketua tim pemenangan Prabowo-Sandi di pilpres 2019 mendatang. Akan tetapi nama tersebut belum final, pasalnya harus dibicarakan terlebih dahulu dengan mitra koalisi. 

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo mengaku, partainya akan setuju jika nama mantan panglima TNI itu menjadi ketua tim pemenangan Prabowo-Sandi. Apalagi, kata dia, partai Gerindra yang terlebih dahulu mengusulkan

"InsyaAllah (setuju) kalau sudah ditunjuk Djoko Santoso sebagai ketua tim pemenangan. Karena pengusung utama Gerindra jadi Demokrat sangat tau posisi," kata Roy di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (16/8).

Selain Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pun telah menyetujui nama Djoko Santoso sebagai ketua timses. Di samping itu, Djoko juga telah bersedia jika nantinya ditunjuk menduduki jabatan tersebut. 

Lebih lanjut, Roy menyebut, selepas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melaksanakan ibadah haji, pihaknya akan ikut bersama-sama menggodok tim pemenangan bersama partai koalisi lainnya. 

"Kita mungkin tidak dalan posisi yang sangat penting di dalam tapi kami tetap masuk dalam timnya," ungkapnya. 

Di sisi lain, kata Roy, saat ini Prabowo telah meminta sang ketua umumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menduduki posisi strategis di tim pemenangan. Namun, pihaknya memastikan posisi itu bukanlah ketua tim pemenangan.

"Beliau saya sendiri mendengar ketika ada di kertanegara pak Prabowo meminta pak SBY jadi super mentor," pungkasnya. 

Sebelumnya, Ketua Tim Pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendekati kata sepakat. Sempat terdengar kabar Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang didaulat untuk mengomandoi pasangan capres-cawapres tersebut. Akan tetapi pilihan dari mantan Danjen Kopassus itu jatuh pada jenderal (purn) Djoko Susanto.

Djoko Santoso memang telah sempat menyambangi kediaman Prabowo pada Selasa (14/8) lalu. Edhy menyebut, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu pun telah menyatakan bersedia menjadi ketua tim pemenangan Prabowo-Sandiaga.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up