JawaPos Radar

Laporan Langsung dari Madinah

21.019 Jamaah Haji Tiba di Madinah

03/09/2018, 07:10 WIB | Editor: Ilham Safutra
21.019 Jamaah Haji Tiba di Madinah
Petugas haji menggendong jamaah yang sakit untuk masuk ke dalam hotel (FIRZAN SYAHRONI/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com – Proses perjalanan haji masih berlangsung. Sebanyak 87.863 jamaah haji yang masuk rombongan gelombang pertama dipulangkan ke Tanah Air secara bertahap. Sementara 115.488 orang lainnya mulai diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah. Hingga Minggu malam (2/9), sebanyak 21.019 jamaah haji sudah memasuki Madinah. Jumlah sebanyak itu tergabung dalam 52 kloter haji gelombang dua se-Indonesia.

Sebelum masuk Kota Madinah, bus-bus jamaah haji akan mampir di Terminal Hijrah. Di sana dilakukan pemeriksaan dokumen oleh panitia haji dari Arab Saudi. Paspor milik jamaah haji diambil untuk diperiksa. Petugas haji sektor Terminal Hijrah dan Bir Ali ikut membantu pendataan.

Setelah tiba di Madinah, rombongan jamaah akan disambut petugas haji. Jamaah yang sakit akan digendong hingga ke kamar hotel. Petugas hotel juga membantu mengakut koper milik jamaah haji.

21.019 Jamaah Haji Tiba di Madinah
Petugas haji membantu jamaah yang sakit untuk masuk ke dalam hotel (FIRZAN SYAHRONI/JAWA POS)

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Ali mengatakan, kedatangan kloter pertama ke Madinah sempat mengalami masalah. Ada rombongan yang tidak bisa langsung masuk ke hotel.

Menurut dia, hal itu terjadi karena bus yang mengangkut jamaah haji Indonesia tiba lebih awal dari jadwal semula. "Ternyata lalu lintas lancar. Tidak macet. Jadi wajar kalau ada yang tidak bisa langsung masuk kamar hotel," katanya.

Dia menjelaskan, hal itu merupakan konsekuensi dari sistem blocking time yang diterapkan dalam kerja sama kemenag dengan pihak hotel. Tahun ini, katanya, belum semua hotel dikontrak dengan sistem penuh atau full time.

"Insya Allah tahun depan semua hotel jamaah haji kita kontrak full musim. Dengan begitu, tidak akan terjadi lagi kendala seperti itu," jelasnya.

Dia menjelaskan, dalam sehari ada enam ribuan jamaah haji yang diberangkatkan menggunakan bus dari Makkah ke Madinah. Mayoritas keberangkatan pertama dimulai pukul 06.00. Sedangkan keberangkatan bus terakhir pukul 16.00. Jika lalu lintas lancar, perjalanan dari Makkah ke Madinah bisa ditempuh selama lima jam.

Para jamaah haji akan tinggal di Madinah selama delapan hari sebelum dipulangkan ke Tanah Air. Selama di Madinah, mereka akan mengikuti Salat Arbain atau salat 40 kali tanpa putus di Masjid Nabawi. Mereka juga diajak mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Misalnya, Masjid Quba, Jabal Uhud, dan Kebun Kurma.

oni/jpc/jpk

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up