JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tangkal Radikalisme, Menteri Agama Perintahkan Rektor Bentuk Satgas

01 Juli 2018, 10:15:59 WIB | Editor: Ilham Safutra
Tangkal Radikalisme, Menteri Agama Perintahkan Rektor Bentuk Satgas
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memerintahkan seluruh rektor PTKIN untuk membentuk Satgas untuk menangkal radikalisme (Hendra Eka/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin terus berupaya menangkal adanya radikalisme tumbuh dari lingkungan kampus. Terutama di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN). Untuk itu, dia memerintahkan rektor PTKIN untuk membentuk satuan tugas (satgas) atau task force guna menangkal perkembangan paham radikal dan ekstremisme di kampus.

Perintah pembentukan satgas itu merupakan salah satu hasil diskusi dalam halalbihalal dengan jajaran rektor PTKIN seluruh Indonesia di rumah dinas Menag Jumat malam (29/6). "Agar rektor lebih serius melakukan counter narasi. Tidak hanya wacana, tetapi juga ada aksi," kata Lukman.

Dia menjelaskan, kampus PTKIN harus merespons merebaknya paham Islam radikal yang saat ini sudah meresahkan masyarakat. Menurut dia, paham Islam radikal dan ekstremisme mulai memengaruhi sejumlah mahasiswa, bahkan dosen. Baik itu di kampus umum negeri maupun PTKIN. Contohnya, pernah terjadi pembaiatan ISIS di lingkungan kampus UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan.

Tangkal Radikalisme, Menteri Agama Perintahkan Rektor Bentuk Satgas
Penangkapan terduga teroris di Surabaya beberapa waktu lalu. (Abdullah Munir/Radar Surabaya/Jawa Pos Group)

"Masing-masing rektor membuat task force. Kumpulkan dosen yang memiliki kemampuan untuk mengisi forum-forum publik dengan narasi Islam rahamatan lil alamin," tuturnya. Forum publik itu mulai mimbar akademik di kampus, kolom tulisan di media massa, seminar-seminar publik, sampai timeline media sosial. 

(wan/c10/oki)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up