alexametrics

Antisipasi Virus Korona, Istana: Pemerintah Siapkan 100 Rumah Sakit

28 Januari 2020, 13:35:04 WIB

JawaPos.com – Virus Korona sedang mendapatkan perhatian serius dari segala elemen masyarakat. Karena virus yang diduga berasal dari kelelawar ini telah menyebar di Wuhan, Tiongkok. Pemerintah Indonesia pun telah melakukan pencegahan.

Juru Bicara Kepresidenan Bidang Sosial, Angkie Yudistia ‎mengatakan pemerintah memastikan langkah terbaik untuk mencegah adanya penyebaran virus penyakit apapun. Hal itu guna menjamin masyarakat agar dapat beraktivitas tanpa rasa takut.

Pemerintah juga telah menyiapkan 100 rumah sakit di 31 provinsi di Indonesia guna menanggani virus korona tersebut. “Kini pemerintah telah menyiapkan 100 rumah sakit di 31 provinsi di Indonesia, tiga rumah sakit rujukan nasional di Jakarta dengan fasilitas memadai sebagai rujukan penyakit corona jenis baru,” ‎ujar Angkie dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Selasa (28/1).

Selain itu, Angkie mengatakan sejumlah laboratorium juga telah disiapkan pemerintah untuk mengetahui bahwa orang tersebut terkena Virus Korona atau tidak. “Pemerintah juga menyiapan sejumlah laboraturium bio medis dan lima laboraturium regional yang memiliki fasilitas konfirmasi virus korona,” katanya.

Pemerintah saat ini tengah memperketat pemeriksaan di semua akses masuk bandara yang memiliki rute penerbangan internasional termasuk domestik, untuk pencegahan sedini mungkin. Angkie mencontohkan, di Bandara Soekarno Hatta, telah diaktifkan alat pemindai suhu tubuh untuk mendeteksi gejala virus corona.

“Pemerintah juga meningkatkan sarana pencegahan virus di 19 daerah penerima kedatangan wisatawan langsung dari Tiongkok,” katanya.

Istana mengimbau seluruh masyakat dapat beraktifitas dengan tenang dan tetap memerhatikan kesehatan serta kebersihan sebagai mitigasi dini atas semua potensi penyakit yang bisa datang kapan saja. “Kepada masyarakat, untuk tetap tenang dan mengikuti perkembangan situasi melalui saluran informasi yang kredibel dan sumbernya dapat dipertanggunjawabkan,” ungkapnya.

Diketahui, dilansir dari situs resmi World Health Organization‎ (WHO), virus korona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti MERS dan SARS. Berdasarkan informasi, virus korona biasa ditemukan pada banyak spesies hewan seperti unta dan kelelawar. Namun Virus Korona yang menginfeksi hewan dapat berevolusi untuk menyerang manusia dan membuat orang sakit.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Gunawan Wibisono

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads