alexametrics

3 Cara Merawat Kain Batik Agar tetap Awet dan Terjaga Kualitasnya

3 Oktober 2021, 10:21:31 WIB

JawaPos.com – Kain batik terdiri dari batik tulis dan batik cap. Proses pembuatannya pun memakan waktu lama. Makanya, perawatannya juga harus apik.

Ada banyak cara untuk menyimpan dan merawat kain batik. Pemerhatu batik, pengusaha sosial-budaya dan pekerja budaya dalam sebuah workshop yang diselenggarakan oleh SnackVideo Bram Kushardjanto mengatakan batik diakui UNESCO sebagai peradaban dunia. Batik menjadi titipan Indonesia dan anak muda bertanggung jawab untuk melestarikan batik.

“Melestarikan pengetahuan soal batik bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Sebagai upaya pelestarikan warisan budaya dengan cara yang modern,” katanya secara daring baru-baru ini.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia Hilmar Farid, mengajak masyarakat Indonesia untuk merayakan Hari Batik Nasional dengan mengunggah video pendek hasil kreativitas para kreator, mulai dari fashion, make up, karya seni, tarian, hingga musik. Pihaknya mengajak para konten kreator untuk menciptakan konten-konten kreatif yang terkait dengan batik.

“Tentunya, kami berharap konten ini juga akan mewarnai dunia media sosial kita ke arah yang lebih positif,” kata Hilmar.

Ada beberapa tips untuk merawat dan menyimpan kain batik. Apa saja?

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads