alexametrics

Peringatan WHO, Virus Korona Menyebar Cepat dalam 24 Jam Terakhir

22 Juni 2020, 13:02:42 WIB

JawaPos.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi peringatan kepada dunia agar semakin waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Sebab, pada Minggu (21/6), dunia mengalami rekor tertinggi kasus baru Covid-19 dalam 24 jam.

Dilansir dari Forbes, Senin (22/6), pandemi sudah terjadi selama 6 bulan terakhir. Tapi catatan terakhir, ada 183 ribu kasus baru dalam periode 24 jam, dengan lebih dari 4.700 kematian.

Hampir setengah dari kasus baru berasal dari AS atau Brasil. Brasil baru-baru ini juga sudah melampaui 1 juta kasus.

Lebih dari dua pertiga dari kematian terbaru dilaporkan di Amerika. Kasus-kasus juga meningkat di Asia Selatan dan Timur Tengah.

WHO juga mengingatkan pekan lalu bahwa dunia sedang memasuki fase baru dan berbahaya ketika imbauan #dirumahaja diabaikan. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus telah memperingatkan bahwa penularan Covid-19 semakin cepat.

“Banyak orang yang merasa bosan berada di rumah. Dapat dipahami bahwa negara-negara sangat ingin membuka masyarakat dan ekonomi mereka. Tapi virusnya masih cepat menyebar. Itu masih mematikan dan kebanyakan orang masih rentan,” kata Ghebreyesus, Jumat.

Padahal imbauan berada di rumah adalah yang terbaik untuk mencegah penularan. Berbagai negara justru memilih untuk membuka penguncian demi perekonomian seperti India, dan berbagai negara di Asia Tenggara.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads