alexametrics

Saran Ahli Gizi dalam Memilih Makanan Sehat Untuk Buka Puasa dan Sahur

11 April 2021, 10:27:49 WIB

JawaPos.com – Menyambut puasa, sudah menjadi tradisi dalam menghidangkan menu sahur dan berbuka yang melimpah. Masyarakat diminta tetap bijak dalam memilih menu berpuasa.

Dokter spesialis gizi klinik Rumah Sakit Universitas Indonesia dr. Wahyu Ika Wardhani, M.Biomed, M. Gizi, Sp.GK memberikan beberapa tips pemilihan makan yang baik saat memasuki bulan puasa. Beberapa disarankan agar dihindari, menu lainnya justru disarankan harus dikonsumsi.

 

Menu Sahur

Untuk makanan sahur, disarankan untuk sumber karbohidrat utamakan dari yang berjenis karbohidrat kompleks. Misalnya nasi beras merah atau roti gandum. Lalu perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat, serta konsumsi pula lauk pauk kaya protein seperti ayam, ikan atau telur.

 

Menu Berbuka

Sementara untuk makanan berbuka, disarankan untuk menghindari makan yang terlalu berlebihan dan nikmatilah makanan secara perlahan. Tips pemilihan makanan lainnya yaitu hindari pula mengonsumsi gorengan serta batasi gula sederhana. Contoh makanan berbuka yang baik misalnya kurma.

Sesuai sunnah Nabi, kita dapat mengonsumsi 3 buah kurma saat berbuka. Kurma adalah sumber serat yang baik. Saat berbuka, kita tidak harus mengonsumsi makanan yang manis seperti banyak jargon yang menyebutkan “berbukalah dengan yang manis”.

 

Jangan Lupa Minum Air Putih

Di bulan puasa, kita juga harus menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan tetap minum air putih minimal delapan gelas sehari (2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur).

“Pastikan makanan yang kita konsumsi sesuai dengan kebutuhan,” kata Wahyu.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:





Close Ads