alexametrics

Pemkot Makassar Buka Vaksinasi Covid-19 Masyarakat Umum Mulai 1 Juli

25 Juni 2021, 07:30:13 WIB

JawaPos.com–Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, merencanakan pembukaan layanan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum mulai 1 Juli. Pemkot Makassar menyiapkan kuota sekaligus menargetkan sebanyak 200 ribu warga Kota Makassar bisa memperoleh suntik vaksin dengan jenis Sinovac tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Makassar Khadijah Iriani mengajak seluruh masyarakat agar mengikuti vaksinasi yang disiapkan Pemkot Makassar. Pelayanan vaksinasi tersebut disiapkan secara gratis di 47 puskesmas dari 15 kecamatan di Kota Makassar.

”Kita akan mulai 1 Juli nanti. Vaksinasi ini kita peruntukkan bagi masyarakat umum. Seluruh masyarakat bisa mengikuti. Target kita sekitar 200 ribu lebih masyarakat umum disuntik vaksin dengan jenis vaksin Sinovac,” kata Khadijah Iriani seperti dilansir dari Antara di Makassar.

Sementara untuk jadwal pelaksanaan vaksinasi, lanjut dia, akan dilakukan hingga seluruh tahap vaksinasi dilakukan (dua tahap). Vaksinasi bagi masyarakat bertujuan memperkuat terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok sebagai perlindungan tidak langsung dari penularan Covid-19.

Dia berharap agar seluruh masyarakat di Kota Makassar dapat menyukseskan vaksinasi yang dilakukan pemerintah sebagai upaya membentuk kekebalan kelompok. Terlebih sebelumnya telah dilakukan vaksinasi kepada seluruh pelayan publik dan masyarakat lanjut usia (lansia).

Sementara itu, sekitar 200 anggota jemaat Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) siap divaksinasi Covid-19 di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Sulawesi Selatan. ”Kegiatan vaksinasi ini direncanakan digelar 25-26 Juni di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unismuh Makassar Jalan Tun Abdul Razak, Kabupaten Gowa,” kata penanggung jawab kegiatan vaksinasi tersebut Andi Sukri Syamsuri.

Dia mengatakan, kegiatan vaksinasi itu merupakan kerja sama Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), Universitas Muhammadiyah Makassar, dan Kementerian Kesehatan. Kegiatan tersebut bukan sekadar menyasar civitas akademika Unismuh Makassar, melainkan juga untuk masyarakat luas.

”Antusiasme peserta vaksinasi dari umat lintas agama juga cukup tinggi. Hingga kemarin sudah ada sekitar 200 orang dari Permabudhi yang menyatakan siap ikut vaksinasi di Unismuh,” kata Andi Sukri Syamsuri, wakil Rektor II Unismuh Makassar itu.

Target vaksinasi di RS itu sebanyak 2.000 orang yang berusia 18 tahun ke atas. Peserta lanjut usia juga diberikan prioritas untuk ikut dalam vaksinasi Covid-19.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads