JawaPos Radar

Merugikan, PDAM Laporkan Kasus Air Merah ke Polresta Solo

17/10/2018, 20:33 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kasus Pencemaran Air PDAM Solo
TERCEMAR: Salah seorang petugas menunjukkan contoh air berwarna merah yang dikeluhkan warga. (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Solo melaporkan kasus tercemarnya aliran air ke Mapolresta Solo, Rabu (17/10). Hal ini dilakukan mengingat pencemaran air tersebut dinilai sudah merugikan PDAM.

Selain itu, PDAM juga menginginkan agar pihak kepolisian mengusut tuntas kasus ini karena air yang masuk ke rumah pelanggan merupakan limbah kimia yang bisa berbahaya. 

Humas PDAM, Bayu Tunggul mengatakan, usai melayangkan laporannya ke Mapolresta Solo, sejumlah pegawai PDAM sudah diperiksa, termasuk juga dirinya. "Kasus ini (pencemaran) kami serahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian," terangnya, Rabu (17/10). 

Kasus Pencemaran Air PDAM Solo
PENGECEKAN SALURAN: Petugas melakukan pembongkaran saluran pabrik pewarna tekstil untuk memastikan penyebab air PDAM berubah merah, Rabu (17/10). (Ari Purnomo/JawaPos.com)

Bayu berharap, pihak kepolisian bisa mengusut kasus ini. Menurutnya pencemaran air yang mengalir ke rumah pelanggannya jelas merugikan pihak PDAM. Mengingat, selama ini PDAM tidak pernah mengalami kejadian seperti pencemaran tersebut.

"Selain merugikan, air yang masuk ke pelanggan itu kan berisi limbah zat kimia yang berbahaya kalau diminum. Kami berharap polisi bisa mengusut kasus ini," ucapnya. 

Sementara itu, Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Fadli membenarkan adanya laporan dari pihak PDAM tersebut. Saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan sejumlah karyawan PDAM. "Laporan sudah kami terima, nanti kami akan memeriksa sejumlah pihak. Mulai dari PDAM, pemilik pabrik, dari DLH dan juga pihak lainnya," ucapnya. 

Selain itu, lanjut Fadli pihaknya juga akan memeriksa perizinan pabrik pewarna PT Mahkota Citra Lestari yang diduga menjadi penyebab air PDAM menjadi merah. "Nanti kami periksa dulu, termasuk perizinannya juga seperti apa," tandasnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up