JawaPos Radar

Siapkan PON, Ganjar Bakal Terapkan Sistem Informasi Olahraga

04/09/2018, 15:10 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Ganjar Pranowo
DIARAK: Gubernur terpilih Jateng Ganjar Pranowo (belakang) saat mendampingi atlet panjat tebing Aris Susanti diarak keliling Kota Semarang, Selasa (4/9). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Gubernur terpilih Jawa Tengah Ganjar Pranowo berencana menerapkan sistem informasi olahraga sebelum gelaran PON 2020. Langkah ini ia percayai mampu memetakan segala kekurangan pemerintah selama menyokong atlet untuk dapat berprestasi dalam tiap kompetisi.

"Saya mau KONI dan Dinpora segera membuat sistem informasi olahraga. Jadi kita cari apa yang kurang dari kita. Apakah fasilitas infrastruktur, apakah SDM-nya, apakah metodenya, pelatihnya, atau duitnya," ujarnya usai menyambut kehadiran atlet Jateng yang berlaga di Asian Games 2018, di Halaman Gubernuran Semarang, Selasa (4/9).

Apabila pemetaan segala persoalan itu didapat, Ganjar meyakini pemerintah bisa menargetkan persiapan penjaringan atlet. "Apakah mulai dari persiapan Porprov, kita menjaring atlet-atlet untuk dibawa ke PON dan untuk event-event internasional," sambungnya. Ia berharap sistem ini segera digarap agar kemudian urusan lainnya bisa diurus olehnya saat menjabat sebagai gubernur lagi.

Terkati ramainya migrasi atlet ke daerah lain, Ganjar meminta pihak berkewenangan mengatur baik-baik soal syarat perpindahan dan pembinaan. "Kalau memang tidak dibina ya dia boleh pindah. Tapi kalau pembinaan sudah bagus, mbok yo kita atur. Agar ada kebanggan terhadap wilayah. Saya khawatir mereka pindah negara lain," tegasnya.

Sementara atlet putri panjat tebing Aris Susanti mengapresiasi peran penuh pemerintah selama ini. Ia mengaku bersyukur bisa tampil bahkan menyumbang dua medali emas sekaligus pada ajang Asian Games 2018 kemarin.

Disinggung persiapannya usai diminta Ganjar untuk berlaga pada Ajang Olimpiade 2020 besok di Jepang, Aris berujar tak akan berhenti berlatih. "Yang pasti kerja keras yang lebih dari yang sebelumnya," tegasnya.

Kemudian, ditanya apa yang diharapakan pada masa pemerintahan Ganjar nanti untuk bidang olahraga, Aris meminta supaya pria berambut putih itu bersama seluruh jajaran berwenang agar tak henti-hentinya mendukung perkembangan para atlet.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up