alexametrics

Dinyatakan Positif Covid-19, Anies Pimpin Pemerintahan Secara Daring

2 Desember 2020, 08:51:56 WIB

JawaPos.com – Gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dinyatakan positif Covid-19. Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza yang dinyatakan terpapar virus Korona terlebih dahulu. Tak lama berselang, Gubernur Anies Baswedan juga positif Covid-19.

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati memastikan, roda kepemimpinan Pemprov DKI Jakarta tetap dikendalikan oleh Anies dan Ariza meski tengah menjalani isolasi mandiri. Keduanya tetap memimpin penyelenggaraan pemerintahan melalui daring.

“Bapak Gubernur sudah menyampaikan kepada kami semua, jajaran di Pemprov DKI Jakarta, agar tetap bekerja melayani masyarakat dengan giat. Pelayanan harus berjalan dengan baik dan tetap disiplin menjaga protokol kesehatan, karena Covid-19 bisa menimpa siapa saja,” kata Sri Haryati, Rabu (2/12).

Sri mengaku komunikasi dengan Anies maupun Ariza tetap berjalan, khususnya laporan secara berkala terkait perkembangan pembahasan APBD 2021. Meski komunikasi dilakukan tanpa tatap muka, Sri menegaskan proses pembahasan APBD 2021 terus dilakukan secara intensif agar dapat selesai sesuai rencana.

“Para Kepala Perangkat Daerah saat ini masih terus mengikuti pembahasan APBD 2021 bersama DPRD DKI Jakarta yang, seperti juga tahun-tahun sebelumnya, dipimpin langsung oleh Sekda selaku Ketua TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) bersama para Asisten Sekda dan OPD lainnya. Kami berharap mudah-mudahan pembahasannya cepat selesai, Insya Allah,” imbuhnya.

Sementara itu, kegiatan contact tracing (pelacakan) juga dilakukan di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Upaya ini untuk meminimalkan risiko dari penularan virus terhadap orang di sekitar Anies dan Ariza.

“Marilah kita saling mengingatkan, saling mendukung, dan saling memfasilitasi, berkolaborasi, bergotong royong untuk tegaknya protokol kesehatan di setiap tempat dan setiap waktu,” pungkas Sri.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Anies melalui video pendek. Hasil tes swab PCR Anies keluar pada Selasa (1/12) dini hari, setelah tes swab dilaksanakan sehari sebelumnya.

Anies memastikan kondisinya baik-baik saja. Dia bahkan akan tetap bekerja memimpin rapat-rapat virtual sambil melakukan isolasi mandiri. Sebelum dinyatakan positif, Anies juga melaksanakan tes swab rutin pada Rabu (25/11), hasilnya negatif.

Pada Minggu (29/11), usai Wagub Ahmad Riza Patria dinyatakan positif Covid-19, Anies juga sempat melakukan tes usap antigen dan hasilnya negatif. Namun, dinyatakan positif berdasarkan swab PCR.

Gubernur Anies menyebut saat ini kondisinya dalam keadaan baik dan tanpa gejala. “Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis,” ujar Anies.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan


Close Ads