alexametrics

Puji Kualitas Vaksin Tiongkok, Singapura Masih Belum Izinkan Sinovac

16 Maret 2021, 17:29:22 WIB

JawaPos.com – Singapura sudah melaksanakan vaksinasi menggunakan vaksin Pfizer. Singapura juga sudah mengizinkan vaksin Amerika Serikat lainnya yakni Moderna. Namun, Singapura belum menerbitkan Izin Penggunaan Darurat (EUA) Sinovac meski vaksin sudah tiba di negara itu. Mengapa?

Dilansir dari Inquirer, Selasa (16/3), Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menegaskan Singapura akan menggunakan vaksin Covid-19 dari negara manapun vaksin diproduksi, selama aman dan efektif. Dalam wawancara dengan siaran BBC, Minggu (14/3), dia menegaskan penggunaan vaksin tak mempersoalkan dari mana vaksin berasal.

“Kami akan menggunakan vaksin dari sumber manapun. Vaksin tidak membawa kewarganegaraan. Apakah vaksin itu baik atau tidak baik? Apakah efektif? Jika ya, maka kami akan menggunakannya,” katanya.

Baca juga: Singapura Ungkap Alasan Belum Izinkan Penggunaan Vaksin Sinovac

Singapura telah memesan vaksin Covid-19 dari beberapa pemasok untuk melindungi taruhannya, dan telah menerima pasokan vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna, yang telah disetujui untuk digunakan. Akhir bulan lalu, mereka menerima pengiriman pertama vaksin Sinovac Tiongkok, yang belum diizinkan oleh Otoritas Ilmu Kesehatan untuk digunakan di Singapura. Badan sedang dalam proses mengevaluasinya untuk keamanan dan kemanjuran.

Beberapa pengamat menyarankan Tiongkok mungkin mendorong Singapura untuk menyetujui produk Sinovac. Ditanya oleh koresponden BBC World News Asia Business Karishma Vaswani apakah Singapura berada di bawah tekanan untuk menggunakan vaksin buatan Tiongkok, Lee menegaskan mereka sedang dalam tahap evaluasi.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:





Close Ads