alexametrics

Manjur hingga 100 Persen di Malaysia, Vaksin Sinovac Aman untuk Lansia

13 April 2021, 18:08:36 WIB

JawaPos.com – Malaysia mulai menggunakan vaksin Covid-19 Sinovac untuk lansia. Malaysia meyakinkan rakyatnya bahwa vaksin Sinovac asal Tiongkok aman untuk diberikan kepada lansia pada fase kedua Program Imunisasi Covid-19 Nasional.

Menteri Koordinator Sains, Teknologi, dan Inovasi Khairy Jamaluddin mengatakan panitia khusus yang mengevaluasi vaksin sudah memperhitungkan data terbaru. Dia menyebut vaksin tersebut aman.

“Aman, efektif, dan stabil untuk warga lanjut usia,” tegasnya seperti dilansir dari The Star, Selasa (13/4).

Baca juga: Vaksin Sinovac Terbukti Semakin Manjur jika Jarak Dua Dosis 21 Hari

Dia mengatakan negara-negara yang sejauh ini memberikan vaksin Sinovac kepada mereka yang berusia 60 tahun ke atas adalah Turki, Brasil, dan Cile. “Komite telah meninjau data dan kami telah memutuskan untuk menggunakan Sinovac untuk warga senior berdasarkan uji coba Brasil dan makalah uji coba yang sedang ditinjau,” paparnya.

Hasilnya menunjukkan kemanjuran Covid-19 efektif 83,7 persen mencegah kasus sedang dan 100 persen mencegah kasus parah. “Kemanjuran sekunder Covid-19 untuk vaksin Sinovac adalah 83,7 persen untuk kasus sedang dan 100 persen untuk kasus parah. Jadi, vaksin ini efektif dalam mencegah kasus parah Covid-19 dan justru yang ingin kami hindari untuk mereka yang berada di fase dua dan lansia,” katanya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:





Close Ads