alexametrics

Baru Mulai Vaksinasi Lansia dengan Sinovac, Tiongkok Disebut Main Aman

6 April 2021, 11:19:51 WIB

JawaPos.com – Sejumlah negara sudah memulai vaksinasi Covid-19 pada lansia. Namun, Tiongkok sebagai produsen vaksin justru belum memvaksinasi lansia. Antrean vaksinasi pada lansia belum terjadi di Tiongkok.

Pada bulan ini di beberapa kota, termasuk Beijing dan Shanghai, secara resmi baru membuka pendaftaran untuk orang dewasa berusia di atas 60 tahun. Tiongkok bertujuan agar 40 persen populasi berisiko tinggi diinokulasi pada Juni.

Akan tetapi, pejabat kesehatan melanjutkan dengan hati-hati, mengutip kekurangan data, karena beberapa pembuat vaksin Tiongkok masih kekurangan data untuk lansia dalam uji coba fase akhir skala besar dibandingkan dengan vaksin Barat.

Baca juga: Ketimbang Vaksin Pfizer, Hongkong Pilih Vaksin Sinovac, Ini Alasannya

Penundaan Tiongkok dalam memvaksinasi lansia membedakannya dari banyak negara lain di dunia. Termasuk negara-negara seperti Brasil, Indonesia, Turki, dan Uni Emirat Arab yang menggunakan vaksin dari pengembang Tiongkok Sinopharm atau Sinovac BioTech. Di negara-negara ini, regulator telah melihat data yang sama termasuk studi tahap awal.

“Unit penelitian dan pengembangan mempercepat pekerjaan mereka, begitu ada data uji klinis keamanan dan kemanjuran yang memadai, kami akan melakukan vaksinasi skala besar pada orang-orang yang berusia di atas 60 tahun,” kata Juru Bicara Komisi Kesehatan Nasional (NHC) Mi Feng.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads