alexametrics

Dokter di Inggris Sebut Pilek dan Hidung Meler jadi Gejala Covid-19

3 Februari 2021, 08:08:07 WIB

JawaPos.com – Semula gejala Covid-19 lebih condong pada batuk, demam, dan sesak napas. Umumnya hal inilah yang bisa membedakan seseorang terkena flu biasa atau Covid-19. Namun kini, hidung meler dan flu bisa menjadi tanda seseorang terinfeksi Covid-19.

“Pasien secara teratur menunjukkan gejala pilek klasik seperti sakit tenggorokan, pilek atau hidung tersumbat dan sakit kepala sebelum dinyatakan positif virus Korona,” kata dokter umum dr. Alex Sohal, dari Tower Hamlets, London timur, seperti dilansir dari Mirror, Selasa (2/2).

Sekarang, sebanyak 140 dokter umum dan profesional perawatan kesehatan London timur telah menandatangani surat terbuka kepada Kepala Petugas Medis Chris Whitty. Mereka mendesak agar penyakit umum seperti pilek dan hidung meler ditambahkan ke daftar gejala Covid-19 yang mungkin terjadi.

Baca juga: Ratusan Pasien Covid-19 di Spanyol Keluhkan Gejala Baru, Lidah Bengkak

Mereka memperingatkan bahwa mengabaikan gejala ini akan menjadi risiko karena mereka yang memiliki infeksi ringan tanpa disadari menyebarkan penyakit. Orang selama ini jika hidungnya meler atau pilek biasa hanya karena flu musiman.

“Para pasien ini bahkan tidak mengisolasi diri pada hari-hari awal yang penting ketika mereka paling menular,” tegasnya.

Selama ini menurutnya kampanye gejala berfokus pada batuk, suhu tinggi, dan hilangnya bau atau rasa sebagai gejala yang harus diwaspadai. Namum kini sangat penting untuk mengubah definisi kasus Covid-19 untuk memasukkan pilek sejalan dengan WHO.

“Jika ada gejala pilek dan hidung meler utamakan lima hari pertama isolasi diri ketika mereka kemungkinan besar akan menularkan,” tegasnya.

Dengan cara ini akan membantu untuk menjauhkan dari penularan. Sang dokter menambahkan bahwa definisi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga sudah menyebut gejala lain Covid-19 seperti pilek, sakit tenggorokan, muntah, dan diare. Kementerian Kesehatan Inggris masih mempertimbangkan hal tersebut.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads