alexametrics

Nintendo Rekomendasikan Pengecasan Switch Secara Rutin, Ini Tujuannya

5 Oktober 2020, 10:16:11 WIB

JawaPos.com – Untuk para pemilik konsol game Nintendo Switch, jika sudah lama tidak memainkan konsol tersebut, dan menyimpannya di suatu tempat, perhatikan aspek ini. Nintendo menyarankan kendati sudah jarang dipakai, perangkat Switch harus tetap rutin diisi dayanya agar tetap optimal performa dan usia pakai baterainya.

Hal ini berdasar tweet dari Nintendo Jepang. Perusahaan tersebut telah merekomendasikan agar gamer mengisi daya konsol Switch mereka setidaknya sekali setiap enam bulan. Hal itu berlaku jika konsol Switch sudah tidak lagi dipakai atau mungkin sudah bosan menggunakannya.

Perusahaan tersebut memperingatkan bahwa konsol yang bertahan lebih dari enam bulan tanpa pengisian daya mungkin akan rusak. Nintendo menyebut, ketika gamer mencoba mengisi daya lagi, itu mungkin tidak akan berfungsi dengan baik.

Jika secara aktif memainkan Switch, ada kemungkinan besar itu tertinggal di dok yang berarti itu harus selalu diisi, jadi ini bukan masalah. Namun, mungkin ada beberapa pemain yang mengkhawatirkan masa pakai baterai Switch dan khawatir konsol yang terus-menerus diisi dapat menurunkan masa pakai baterai.

Ini adalah masalah yang wajar karena masalah dengan baterai lithium ion adalah seiring waktu dan dengan pengisian dan pemakaian yang konstan, baterai mulai kehilangan kapasitas maksimumnya. Ini berlaku juga pada smartphone pada akhirnya saklar yang terisi 100 persen saat dikeluarkan dari dok mungkin tidak bertahan selama saat masih baru.

Nintendo telah mengakui hal ini, tetapi mereka juga mencatat bahwa itu aman untuk dilakukan. Jika abai, skenario terburuk mungkin terjadi, baterai yang rusak akibat lama tak digunakan terpaksa harus diganti dengan yang baru.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads