alexametrics

Tetap Bugar Saat Puasa, Berikut 4 Makanan yang Bisa Dikonsumsi

16 April 2021, 20:31:07 WIB

JawaPos.com – Meski di tengah Ramadan, masyarakat tetap dituntut beraktivitas seperti biasa. Tentunya, agar tetap bugar selama berkegiatan, konsumsi makanan saat sahur dan buka pun wajib diperhatikan. Jangan sampai makanan yang dimakan justru membuat Anda lemas saat berpuasa.

Berdasarkan keterangan Lazada, Banyak bukti menunjukkan kalau berpuasa membawa dampak positif pada kesehatan. Seperti memperkuat sistem pencernaan, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, hingga
meningkatkan kesehatan jantung. Tapi hal tersebut bisa dicapai dengan pengaturan makanan yang baik. Menurut, Ahli gizi Mochammad Rizal, S.Gz, ada empat makanan yang bisa dikonsumsi agar Anda tetap kuat beraktivitas dan daya tahan tubuh tetap terjaga selama menjalani ibadah.

1. Kembalikan Energi dengan kurma saat berbuka

Fungsi berbuka puasa adalah untuk mengembalikan energi dan gula darah setelah berpuasa selama seharian penuh. Salah satu pilihan buah yang bisa kamu pilih pada saat berbuka puasa adalah kurma.

Baca Juga: Tips Menjalani Ibadah Puasa Ramadan pada Masa Pandemi

Menurut ahli gizi Mochammad Rizal, S.Gz di dalam 3 buah kurma, ada sekitar 100 kkal energi dan 20 gr karbohidrat yang terdiri dari glukosa dan fruktosa. Sehingga dapat langsung mengembalikan kadar gula darah yang menurun selama berpuasa. Selain itu, kurma juga mengandung berbagai mineral seperti kalium dan magnesium yang bermanfaat untuk mengembalikan elektrolit tubuh setelah seharian berpuasa.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads