JawaPos Radar | Iklan Jitu

Skandal K-Pop Ini Tak Akan Terlupakan Sepanjang Masa

21 Januari 2018, 08:20:59 WIB
G-Dragon
G-Dragon (koreaboo)
Share this

JawaPos.com - Menjadi Selebritis di Korea tidaklah mudah. Selain dituntut untuk menguasai lebih dari satu talenta, mereka harus bersih dari kesalahan dan bersikap ramah terhadap penggemar.

Melakukan kesalahan sedikit bisa berakibat fatal bagi karir mereka, apalagi jika dilakukan dengan sengaja. Tak jarang idola K-pop tersandung kasus hukum kontroversial dan berakhir dengan pemecatan atau dipenjara. Berikut beberapa skandal kontroversial yang menjerat para idola K-pop Idol dan tak akan terlupakan sepanjang masa, sebagaimana dilansir dari koreaboo.com.

1. G-Dragon Sengaja Merokok Ganja

Meskipun konsumsi rokok dan alkohol dapat diterima di Korea, penggunaan ganja sangat dilarang dan tabu. G-Dragon terbukti positif mengkonsumsi ganja. Namun, dia yakin rokok yang diberikan kepadanya di sebuah pesta adalah rokok biasa dan bukan ganja. Warganet menjadi geram karena kebanyakan orang akan menerima hukuman penjara, tapi G-Dragon dibebaskan.

2. Jay Park Meninggalkan 2PM dan Korea di hari yang sama

Laman MySpace milik Jay Park ditemukan oleh warganet yang marah karena dia menyebut Korea ‘gay’. Meskipun merasa frustrasi dan kesepian, dia dikucilkan. Masyarakat marah dan menuntut dia keluar dari 2PM. Dia mengirim permintaan maaf dan mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan 2PM dan Korea pada hari yang sama.

Segera setelah itu, para penggemar memintanya untuk kembali. Namun sayang, JYP Entertainment mengumumkan bahwa dia tidak akan bergabung dengan grup tersebut lagi. Saat ini dia adalah CEO untuk label hip-hop AOMG yang sukses.

3. E.LF Deklarasikan Perang terhadap SM Entertainment

Pada tahun 2007, SM Entertainment menciptakan sub unit Super Junior bernama Super Junior M yang menambahkan Zhou Mi dan Henry. Untuk mempertahankan Super Junior sebagai 13 anggota, para penggemar memprotes di luar gedung agensi dengan tanda ‘Hanya 13’.

Tak hanya itu, para E.LF (sebutan untuk penggemar Super Junior) membeli 58.000 saham dari SM Entertainment agar mereka mendengarkan tuntutan tersebut. Eunhyuk sendiri akhirnya membahas pelecehan yang telah diterima Zhou Mi dan Henry selama setahun. Keduanya berpromosi dengan SJ-M untuk beberapa lama tapi tidak pernah dipromosikan dengan nama Super Junior.

Jang Seok Woo
Mantan CEO Open World Entertainment, Jang Seok Woo (koreaboo)

4. Pelecehan Seksual Jang Seok Woo terhadap Peserta Pelatihan

Mantan CEO Open World Entertainment, Jang Seok Woo, sekarang dipenjara atas tindakan pelecehan seksual terhadap seorang peserta pelatihan dan juga memaksa peserta pelatihan laki-laki untuk memperkosa peserta pelatihan perempuan tersebut. Atas perbuatannya itu, dia dijatuhi hukuman enam tahun penjara.

5. Jaewon Dipecat Kode-V 

Dia diusir dari kelompoknya karena mantan pacarnya menulis surat dan menerbitkannya secara online. Dalam surat tersebut, sang pacar menuduh Jaewon menggunakan uangnya dan tidak bertanggung jawab telah membuatnya hamil. Dia juga menyebarkan berita bahwa Jaewon rasis terhadap penggemar Jepang, dan bahwa dia senang dengan gempa bumi 2011 yang mempengaruhi Jepang. Akibatnya, agen Jepang Code-V memecatnya.

6. Isu Kontrak KARA

KARA mengajukan tuntutan hukum terhadap DSP Media untuk menghentikan kontrak mereka karena kerja paksa dan gaji rendah. DSP Media menolak semua klaim, memicu kemarahan publik dengan mendongkrak penjualan album KARA. Namun, akhirnya mereka bergabung kembali dengan DSP Media setelah kejadian ini dan menjadi lebih sukses dari sebelumnya.

7. Skandal Ivy

Pada tahun 2007, penyanyi solo seksi, Ivy terlibat dalam berbagai skandal. Mulai dituduh melakukan pelanggaran hak cipta sebuah adegan perkelahian dari Final Fantasy VII dalam video musik Sonata of Temptation miliknya. Kemudian, diperas oleh mantan dengan foto tanpa busana dan video rekaman seks. Kabar lain mengatakan dia telah ditipu dengan pacarnya, Wheesung, untuk delapan bulan. Tetapi, pada tahun 2010, rumor bahwa video yang tersebar itu dipastikan bukan dirinya.

Seungri
Skandal Seungri (koreaboo)

8. Dugaan One Night Stand Seungri

Seorang wanita anonim pergi ke media Jepang membeberkan cinta satu malamnya dengan Seungri BIGBANG. Disertai dengan gambar Seungri tertidur di tempat tidur, wanita itu menuduh Seungri kasar saat berhubungan seksual dan tidak pernah menciumnya sekali pun. Para penggemar berpendapat bahwa semuanya palsu, dan kejadian itu tidak pernah sampai pada kesimpulan akhir.

9. Kematian Ganjil Penyanyi 90s Kim Sung Jae

Kim Sung Jae ditemukan tewas di sebuah hotel dengan 28 tusukan jarum di lengannya, meski belum pernah minum obat sebelumnya. Tersangka adalah pacarnya yang telah melakukan hal-hal aneh seperti mengikatnya dalam tidurnya untuk mencegah terjadinya penunjukan dan diduga menembaknya dengan pistol gas. Dia dinyatakan tidak bersalah namun diyakini bahwa latar belakangnya yang kaya dan bergengsi berperan dalam kejadian tersebut.

10. Soohyun U-KISS dan Jo Kwon menjalin hubungan

Surat lama antara Jo Kwon dan Soohyun menyebabkan Jo Kwon harus bereaksi terhadap rumor dan kabar bahwa keduanya sedang menjalin hubungan sesama jenis. Dalam surat yang disebut  surat cinta tersebut berisi tentang keinginan mereka untuk makan, tidur, tinggal, dan berbaring bersama. Namun, Jo Kwon mengatakan mereka hanya bermain-main sebagai teman platonis.

11. G-Dragon melakukan pelecehan seksual terhadap penari cadangan di atas panggung

Selama konser Shine A Light, G-Dragon dituduh melakukan dry humping pada salah satu penari. Kontroversi itu begitu hebat karena ini adalah konser sepanjang masa, dan pemerintah Korea harus melakukan penyelidikan.

Namun, sang penari, Aimee, meyakinkan semua orang bahwa itu hanya momen singkat ketika sedang melakukan koreografi sedikit mengangkang.

Editor           : Novianti Setuningsih
Reporter      : (yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini