alexametrics

Menteri Sandiaga Uno Ingin Toilet di Tempat Wisata Tak Dipungut Biaya

14 Januari 2021, 22:32:15 WIB

JawaPos.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ingin memperbaiki industri pariwisata yang dimulai dengan kebersihan toilet di tempat wisata. Sandi bahkan ingin toilet di tempat wisata gratis, tanpa dipungut biaya.

Bahkan, Sandi bergurau puluhan tahun Indonesia merdeka namun penggunaan toilet masih saja bayar. “Masa kita sudah 75 tahun merdeka, pakai toilet harus bayar gitu,” ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, Kamis (14/1).

Sandi memaparkan, saat ini pihaknya tengah menyusun rencana untuk membuat kolaborasi dengan berbagai pihak agar toilet tidak berbayar di tempat wisata. “Saya lagi ngomong sama Mbak Wamen dan Bu Sesmen, apakah kita bisa punya program gitu di tempat wisata, kita kolaborasikan,” ucapnya.

Baca juga: Sandiaga Uno: Revolusi Pariwisata Bermula dari Kebersihan Toilet

Selain itu, Sandi menyebut masalah kebersihan toilet telah dibahas dengan Asosiasi Toilet Nasional. “Saya sudah jumpa juga sama Asosiasi Toilet Nasional, saya pemikirannya seperti itu sedang dibicarakan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sandi memang sudah diberi amanat oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan soal membenahi dan meningkatkan kualitas toilet di tempat wisata. Dengan demikian, Sandiaga mengaku akan membentuk Satgas Toilet Nasional.

Satgas ini akan dibentuk dalam setahun ke depan. Dalam pelaksanaannya, dia akan melibatkan berbagai pihak, termasuk pentahelix pariwisata yaitu akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads