alexametrics

12 Juta UMKM akan Terima Bantuan Produktif Masing-masing Rp 2,4 Juta

11 Agustus 2020, 05:37:24 WIB

JawaPos.com – Pemerintah tengah menyiapkan bantuan produktif untuk 12 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir menuturkan, bantuan UMKM produktif akan difinalisasi dalam satu-dua pekan ke depan.

“12 juta untuk mikro ritel akan dibantu Rp 2,4 juta,” kata Erick dikutip dari Antara, Senin (10/8).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut menyampaikan, pemerintah menganggarkan dana hingga Rp 28,8 triliun untuk program ini. Ia menambahkan pemerintah juga memberikan subsidi bunga kredit UMKM yang saat ini sudah berjalan.

“Tapi masih dicek jalannya kenceng atau setengah kenceng. Tugas Komite Pelaksana mempercepat dan memastikan implementasi,” kata Erick.

Selain program bantuan bagi UMKM, lanjut Erick, pemerintah juga menyiapkan program untuk pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta per bulan.

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian meyakini program bantuan tambahan gaji untuk pekerja dapat mendorong daya beli masyarakat. Sehingga konsumsi rumah tangga dapat kembali pulih dan mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal-III 2020.

“Kita berharap dengan adanya program subsidi upah terutama buat pekerja formal, buruh, maka akan menaikkan pendapatan, daya beli, sehingga akan membantu konsumsi dan pemulihan kuartal-III,” kata Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono.

 

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Antara



Close Ads