alexametrics

Bagi Megawati, Makanan Hanya Dua Jenis, Enak dan Enak Sekali

2 Mei 2022, 20:48:13 WIB

JawaPos.com – ’’Bagi Ibu Mega (Megawati Soekarnoputri, Red), makanan itu cuma ada dua. Enak dan enak sekali.’’ Itulah yang ditekankan Puti Guntur Soekarno yang juga keponakan Presiden Kelima RI Megawati saat ditemui Jawa Pos bulan lalu di kediamannya.

Ungkapan enak dan enak banget itu juga hanya berlaku bagi masakan bercita rasa Indonesia. Sebab, Megawati, ujar Puti, memang penggemar masakan Indonesia. Ketika ada yang memenuhi satu di antara dua kriteria tersebut, Mega pasti akan mendatanginya.

’’Bu Mega itu nggak peduli, mau di warung atau di emperan, kalau makanannya enak, pasti Bu Mega cari,’’ kata anak Guntur Soekarnoputra tersebut.

Beberapa waktu belakangan, seiring dengan bertambahnya usia, kegemaran Megawati dalam kuliner juga sedikit berubah. Dia kini tidak lagi mengonsumsi daging merah. Sebab, tubuhnya sudah menolak daging merah. Di luar daging merah, tidak ada makanan yang dipantang. Namun, beberapa waktu belakangan Mega lebih menyukai makanan laut atau olahan daging ayam.

Kegemaran menyantap kuliner Indonesia itu membuat Mega selalu ”berburu” saat pergi ke daerah. Setiap berkunjung ke daerah, salah satu pertanyaan utama yang terucap adalah di mana makanan khas daerah tersebut yang enak dan disukai masyarakat. Mega akan tutup mata soal lokasinya. Yang penting, rasanya enak.

Sebagai pencinta kuliner, terang Puti, tantenya juga hobi memasak. Dulu, saat Mega belum berkecimpung di dunia politik, Puti kerap mengunjungi rumahnya. Dan, saat berkunjung, dia hampir selalu bertemu dengan Mega yang sedang memasak.

Puti menduga Mega belajar banyak dari pengasuhnya sejak kecil, yakni Mbok Citro. Sebab, Mbok Citro diajari memasak oleh ibunda Mega, yaitu Fatmawati. Tidak jarang, Mega meminta resep dari Mbok Citro.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (byu/c14/dra)

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads