JawaPos Radar

Pusat Komando Diresmikan, XL Jamin Masalah Selesai Lebih Cepat

16/08/2018, 10:29 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
XL Axiata, XL CE-SOC, XL layanan baru
Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini (kedua kiri) bersama Menkominfo Rudiantara (kedua kanan) di acara peresmian pusat komando baru XL di Jakarta, Rabu (15/8) malam. (Rian Afianto/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - XL Axiata meresmikan pusat monitoring kualitas layanan terpadu Customer Experience dan Service Operation Center (CE-SOC) di Jakarta. Secara sederhana, ini merupakan pusat komando XL dalam memantau seluruh kualitas layanan agar berjalan sebagaimana mestinya. Melalui diresmikannya pusat komando baru itu, XL mengklaim, keluhan pelanggan terkait jaringan bisa teratasi lebih cepat.

Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, pusat monitoring yang berada di Gedung XL Axiata Tower, Jakarta Selatan ini akan menjadi sarana utama XL Axiata untuk memastikan tetap primanya kualitas semua layanan. “Seiring dengan terus meningkatnya jumlah pelanggan dan juga trafik layanan XL, kami harus memastikan untuk kualitas layanan pun demikian,” ujar Dian di acara peresmian CE-SOC XL Axiata di Jakarta, Rabu (15/8) malam.

Pusat monitoring baru, lanjut Dian, juga akan semakin memudahkan XL Axiata dalam memantau dinamika layanan. Hal ini mengingat semakin berkembangnya layanan data atau internet. Termasuk perilaku penggunaan layanan oleh pelanggan pada suatu layanan. “Ini adalah ‘ruang perang’ kami, jadi kalau ada masalah akan terselesaikan lebih cepat karena semua tersentralisasi di sini,” terangnya.

XL Axiata, XL CE-SOC, XL layanan baru
Menkominfo Rudiantara meninjau XL Command Center di Jakarta, Rabu (15/8) malam. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Siswarini juga mengungkapkan, saat ini pelanggan XL terus tumbuh. Demikian juga dengan trafik pemakaian, terutama untuk layanan data. Sekitar 80 persen dari total pelanggan merupakan pelanggan data. Untuk wilayah yang sudah tersedia layanan data, juga semakin meluas.

Lebih jauh, Dian juga mengaku kini sudah lebih dari 380 kota dan kabupaten yang terjangkau layanan 4G LTE serta lebih dari 460 kota terjangkau 3G. Angka tersebut akan terus bertambah. Oleh karenanya, pusat komando baru dibuat guna memastikan semua pelanggan mendapatkan layanan terbaik. "Dengan pusat komando ini XL mampu memonitor secara terus menerus kondisi layanan secara menyeluruh," kata Dian Siswarini.

Dia menambahkan, keberadaan suatu pusat komando yang lengkap dan canggih menjadi penting untuk XL Axiata. Sebab, saat ini teknologi digital terus berkembang pesat. Hal ini mendorong hadirnya berbagai jenis layanan data yang diakses pelanggan.

CE-SOC yang diresmikan terdiri dari ruang monitoring terintegrasi untuk 4 Network Operation Center (NOC) yang berbeda, yaitu Jaringan Telco, IT Infrastructure, IT Apps, dan Billing. Melalui fasilitas terbaru ini, XL Axiata mengaku akan memiliki visibilitas yang lebih baik dan spesifik dalam memastikan kualitas layanan. Misalnya terkait layanan game, media sosial, streaming, broadband baik perumahan maupun bergerak, juga bisnis enterprise.

Bahkan pusat komando baru itu nantinya juga akan mendukung teknologi komunikasi baru termasuk kemungkinan mengaplikasikan teknologi 5G, IoT, dan M2M. Hal ini sesuai dengan semakin berkembangnya pemanfaatan teknologi digital untuk berbagai upaya meningkatkan produktivitas usaha dan bisnis.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Chief RA, sapaan karib Rudiantara, menyampaikan bahwa apa yang dilakukan XL merupakan langkahh yang tepat.

“Ini berbeda ketika saya masih di Telco. Ini adalah revolusi yang harus dijalankan, buntutnya kepada layanan pelanggan dan user experience yang meningkat. Ini menjadi tantangan dan memberikan gambaran tentang apa yang di inginkan pelanggan. Saya minta XL terus berinovasi,” kata Chief RA yang diakhiri dengan seremoni gunting pita.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up