alexametrics

Kampung Peneleh Surabaya Diusulkan Jadi Lokasi Wisata

23 Februari 2022, 22:00:40 WIB

JawaPos.com–Kampung Peneleh di Surabaya diusulkan menjadi lokasi wisata sejarah. Usul itu disampaikan usai peresmian kampung tersebut menjadi cagar budaya.

Warga Kampung Peneleh, Kecamatan Genteng mengusulkan hal itu kepada Sekretaris Komisi A DPRD Surabaya Budi Leksono. Warga minta kampung dijadikan lokasi wisata seperti Tunjungan Romansa. Sebab, Kampung Peneleh memiliki sejarah panjang bagi Surabaya, bahkan bagi bangsa Indonesia. Kampung Peneleh merupakan tempat kelahiran Soekarno.

Presiden pertama RI itu lahir di Jalan Pandean IV Nomor 50, Kelurahan Peneleh, pada 6 Juni 1901 silam. Saat ini, rumah itu telah menjadi cagar budaya nasional.

”Kawasan Peneleh ini bukan kampung biasa. Di sinilah cikal bakalnya pergerakan dan perjuangan bangsa Indonesia. Bung Karno besar di sini, Tjokroaminoto tinggal di sini, nuansa sejarah kenegaraannya sangat kental. Jadi bukan hanya Tunjungan Romansa saja, Peneleh lebih kental jejak sejarahnya,” ujar H Jupri, warga setempat pada Buleks, sapaan akrab Budi Leksono pada Rabu (23/2).

Serupa, Tomo, salah satu ketua RW mengatakan, dengan menyulap kampung Peneleh menjadi lokasi wisata, perekonomian warga ikut terangkat. Terlebih lagi, Kampung Peneleh dikenal dekat dengan lokasi makam Belanda dan kaum Eropa dengan luas sekitar 4,5 hektare. Pemakaman itu dibangun sekitar tahun 1814.

”Warga Insya Allah akan bisa menjaga. Saya kira pemprov juga akan support asalkan dibangun dengan serius. Kita berharap Pokok Pikiran (Pokir) ini bisa menjadi referensi bisa diterima dan segera terealisasi,” kata Tomo.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: