alexametrics

Cegah Kekerasan Seksual di Kampus, Untag Bentuk Satgas Khusus

21 Juni 2022, 21:48:44 WIB

JawaPos.com- Kekerasan seksual di lingkungan kampus saat ini terus menjadi pusat perhatian banyak pihak. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pun telah mengeluarkan peraturan berisi tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual (PPKS).

Hal itu diwujudkan Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya dengan membentuk satuan tugas (satgas) PPKS di kampus. Rektor Untag Surabaya Prof Mulyanto Nugroho pun telah melantik satgas PPKS di Gedung Pusat Perkantoran Yayasan dan Rektorat kemarin (20/6).

Pembentukan PPKS tersebut sekaligus sebagai upaya Untag Surabaya mewujudkan Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021 untuk mencegah dan menangani kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi. ”Sebelum kasus kekerasan seksual itu ada di kampus kita, satgas PPKS sudah dibentuk. Ini upaya pencegahan,” katanya kemarin.

Mulyanto menuturkan, kekerasan seksual –baik skala kecil maupun besar– tetap menjadi konsentrasi Untag Surabaya untuk mencegahnya. Sebab, sebagai perguruan tinggi, Untag Surabaya sudah menerima amanah untuk mendidik dan melindungi mahasiswa. ”Di dalam satgas PPKS ini, kami juga melibatkan mahasiswa. Sebab, mahasiswa akan lebih mudah berkomunikasi dengan sesama mahasiswa tanpa rasa sungkan,” jelasnya.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VII Prof Suprapto mengatakan, Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021 sudah jelas mengamanatkan agar perguruan tinggi berperan dalam mencegah terjadinya kekerasan seksual di lingkungan kampus.

Harapannya, seluruh kampus di Jawa Timur memiliki satgas PPKS seperti yang diamanatkan Kemendikbudristek. ”Perguruan tinggi swasta yang secara formal membentuk satgas PPKS saat ini masih Untag Surabaya,” imbuhnya.

Ketua Satgas PPKS Untag Surabaya Irmashanti Danadharta SHub Int MA mengatakan, langkah pertama setelah pembentukan satgas PPKS adalah segera melakukan sosialisasi kepada seluruh warga di Untag Surabaya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ayu/c6/ai

Saksikan video menarik berikut ini: