alexametrics
Formula 1 2019

Drama Kecelakaan Hiasi Kemenangan Hamilton di GP Tiongkok

14 April 2019, 17:07:05 WIB

Jawapos.com – Lewis Hamilton kembali meraih hasil gemilang, Minggu (14/4) ini. Dia mampu menjadi pembalap tercepat pada balapan Formula 1 seri Tiongkok 2019. Hasil apik Hamilton ini dihiasi insiden tabrakan di tengah lomba.

Sebelumnya, sempat terjadi drama pada balapan tersebut. Tepat pada awal lap pertama, pembalap Toro Rosso Daniil Kvyat bertabrakan dengan dua pembalap tim McLaren. Saat itu mobil-mobil memang saling berdempetan. Beruntung kecelakaan tersebut tidak terlalu parah dan tidak menyebabkan tabrakan beruntun.

Nasib mujur dialami duo Mercedes pada momen tersebut. Ketika itu Hamilton dan Bottas sedang berada di posisi terdepan. Alhasil mereka tidak ikut menjadi bagian dalam insiden tersebut.

Ambisi Hamilton untuk mengulang keberhasilan seperti seri sebelumnya tampak mengebu-gebu. Pembalap asal Ingris tersebut langsung melesat maju meninggalkan pembalap lain yang sempat tertahan karena menghindari kejadian tersebut.

Namun, duo Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc tidak membiarkan Hamilton melenggang begitu saja. Keduanya berusaha tancap gas untuk mencegah tim Mercedes meraih kemenangan.

Sebagai pembalap paling muda di antara persaingan empat pembalap ini, Leclerc langsung unjuk skill. Dia berhasil menyalip rekan satu timnya, Vettel untuk berduel dengan duo Mercedes.

Sayangnya kemampuan dua pembalap Mercedes masih sulit untuk dilawan. Baik Leclerc dan Vettel mengalami kesulitan untuk mengejar dua pembalap Mercedes tersebut.

Tepat pada lap ke-22, insiden sempat terjadi lagi. Kali ini peristiwa itu melibatkan pembalap Red Bull, Max Verstappen dan Vettel. Ketika itu kedua mobil pembalap tersebut saling menyenggol. Untungnya hal itu tidak sampai menyebabkan kecelakaan parah.

Sementara, Hamilton makin nyaman di posisi terdepan. Dengan gesit dia memimpin jalannya balapan ini. Diikuti oleh rekannya, Bottas di tempat kedua.

Mendekati akhir race, selisih waktu antara dua pembalap Mercedes dan Ferrari semakin melebar. Bahkan saat itu fokus kedua pembalap Ferrari terjadap Mercedes harus teralihkan karena adanya perlawanan sengit dari dua pembalap Red Bull, Max Verstappen dan Pierre Gasly.

Di sisi lain, kecelakaan pada lap pertama yang menimpa kedua pembalap McLaren tampaknya cukup berpengaruh pada performa mobil mereka. Bahkan salah satu pembalapnya, Lando Noris memutuskan untuk tidak melanjutkan balapan di sisa 3 lap yang ada, karena sisi kiri sayap depan mobilnya rusak.

Keputusan yang sama juga diambil Kvylat. Melihat keadaan mobilnya, ditambah penalti yang diberikan atas kecelakaan tersebut, membuat dirinya berpikir realistis. Dia akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan balapan.

Sementara itu, Hamilton dan Bottas semakin leluasa memimpin jalannya balapan. Hingga akhirnya Hamilton mampu finis terlebih dahulu, diikuti oleh Bottas. Sedangkan posisi ketiga berhasil diamankan oleh Vettel.

Berikut hasil lengkap Formula 1 seri Cina 2019:
1. Lewis Hamilton – Mercedes AMG Petronas Motorsport: 56 laps
2. Valtteri Bottas – Mercedes AMG Petronas Motorsport: + 6.552s
3. Sebastian Vettel – Scuderia Ferrari:  + 13.744s
4. Max Verstappen – Aston Martin Red Bull Racing Honda: + 27.627s
5. Charles Leclerc – Scuderia Ferrari: + 31.276s
6. Pierre Gasly – Aston Martin Red Bull Racing Honda: + 89.307s
7. Daniel Ricciardo – Renault F1 Team: + 1 lap
8. Sergio Perez – SportPesa Racing Point F1 Team: + 1 lap
9. Kimi Raikkonen – Alfa Romeo Racing: + 1 lap
10. Alexander Albon – Red Bull Toro Rosso Honda: + 1 lap
11. Romain Grosjean – Rich Energy Haas F1 Team: + 1 lap
12. Lance Stroll – SportPesa Racing Point F1 Team: + 1 lap
13. Kevin Magnussen – Rich Energy Haas F1 Team: + 1 lap
14. Carlos Sainz – McLaren F1 Team: + 1 lap
15. Antonio Giovinazzi – Alfa Romeo Racing: + 1 lap
16. George Russell – ROKiT Williams Racing: + 2 laps
17. Robert Kubica – ROKiT Williams Racing:  + 2 laps
Ret. Lando Norris – McLaren F1 Team
Ret. Daniil Kvyat – Red Bull Toro Rosso Honda
Ret. Nico Hulkenberg – Renault F1 Team

Editor : Agus Dwi W

Reporter : Bintang Rahmat

Close Ads