Rabu, 17 Jan 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Putin: Kim Jong Un Menangkan Ronde Pertama Lawan Trump

| editor : 

Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin (Reuters)

JawaPos.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, ia yakin pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un telah memenangkan 'ronde pertama' melawan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Putin memuji Kim Jong Un karena ia menganggap Kim adalah politisi yang kompeten dan matang. Apalagi perdebatan dengan Trump semakin sengit belakangan ini.

Komentar Putin muncul setelah Kim secara tak terduga sepakat untuk mengadakan dialog dengan Korea Selatan (Korsel) setelah hampir dua tahun tidak ada komunikasi. "Saya yakin Kim Jong Un telah memenangkan putaran ini," kata Putin seperti dilansir dari Sky News, Jumat, (12/1).

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (KCNA)

Menurutnya, Kim adalah orang yang berkompeten karena ia memiliki nuklir dengan jarak tempuh 13.000 kilometer. Rudal nuklir tersebut bisa menjangkau wilayah antar benua, termasuk musuhnya AS.

Kim, ujar Putin, mempunyai strategi yang bagus. Para pemimpin dunia terkejut ketika Korut mengatakan, ingin atletnya mengikuti Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang bulan depan, dan membuka dialog dengan Korsel.

Putin menjelaskan, apa yang dilakukan Kim tidak sekadar membuat Pyongyang dijatuhi sanksi baru dari AS dan PBB. Namun juga membuat Trump untuk merencanakan dialog dengan Kim di waktu yang tepat.

Hal inilah yang membuat Putin berkomentar bahwa Kim memenangkan ronde pertama. Selain itu, ia juga bisa mendinginkan perpecahan yang sebelumnya terjadi.

Kim dan Trump sering saling ejek dalam setahun terakhir ini. Kim memperingatkan bahwa dia memiliki sebuah tombol nuklir di mejanya dan seluruh daratan AS bisa dihancurkan.

(iml/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP