Sabtu, 25 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
JPG Today

Kapal Pesiar Prancis Sandar di Belawan

| editor : 

Kapal Pesiar

Kapal pesiar berbendera Prancis, MV L AUSTRAL sandar di Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan, Selasa (14/11). (Budi Warsito/JawaPos.com)

JawaPos.com - Kapal pesiar berbendera Prancis, MV L AUSTRAL bersandar di Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan, Selasa (14/11). Kapal yang berlayar dari Pelabuhan Mergui, Myanmar ini membawa sebanyak 212 wisatawan mancanegara (wisman) dari berbagai negara. Seperti dari Amerika Serikat, Belgia, United Kingdom, Australia, Kanada, India, Polandia, Afrika Selatan, Finlandia dan New Zealand.

ACS Humas PT Pelindo I Fiona Sari Utami mengatakan, para wisatawan akan melakukan kunjungan di objek-objek wisata Sumatera Utara (Sumut), seperti Bukit Lawang dan Danau Toba. "Di 2017, kapal pesiar ini merupakan kapal pesiar kedua yang bersandar di Pelabuhan Belawan. Sebelumnya, Pelabuhan Belawan menerima kunjungan Kapal Pesiar MV Silver Discovery," ujar Fiona.

Dalam menerima penumpang baik lokal maupun mancanegara, Pelindo I sudah menyediakan fasilitas terminal yang nyaman. Hal tersebut merupakan bagian dari komitmen Pelindo I dalam melayani pengguna jasa pelabuhan, dan sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam mendukung cruise berkembang di Indonesia.

"Apalagi Pelabuhan Belawan termasuk salah satu dari 5 pelabuhan utama di Indonesia yang bisa disinggahi kapal pesiar, selain di Tanjung Priok, Tanjung Perak, Benoa, dan Makassar. Potensi kunjungan wisatawan kapal pesiar ke Sumatera Utara, khususnya melalui Pelabuhan Belawan, masih cukup tinggi," paparnya.

Maka dari itu, Pelindo I terus melakukan pengembangan pelabuhan berbasis wisata, khususnya di pelabuhan Belawan. Hal itu penting dilakukan karena Pelabuhan Belawan merupakan pintu masuk bagi wisatawan mancanegara yang akan berlibur ke Sumut dengan menggunakan kapal pesiar.

"Artinya, para wisman akan memulai perjalanannya dari Belawan, kemudian ke sejumlah tujuan lainnya di Sumatera Utara yang kaya akan potensi pariwisata,” terang Fiona.

Program pemerintah untuk mengembangkan pariwisata Indonesia, khususnya mendukung Danau Toba sebagai Geo Park Dunia, menjadikan Sumut sebagai destinasi wisata yang semakin diminati oleh wisatawan asing.

"Tentunya hal ini menjadi peluang yang perlu digarap secara maksimal. Karena kunjungan wisatawan ini tentu akan membawa dampak terhadap peningkatan sektor pariwisata Sumut,” tandas Fiona.

Selanjutnya, kapal pesiar berangkat meninggalkan Terminal Penumpang Bandar Deli sekitar pukul 18.30 WIB menuju Pelabuhan Malahayati.

(bew/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP