Rabu, 20 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Teknologi

Anak Perusahaan Mayapada Ini Sahkan BitCoin Sebagai Pembayaran Resmi

| editor : 

Ilustrasi BitCoin

Ilustrasi BitCoin (Fortune.com)

JawaPos.com – Penggunaan BitCoin sebagai pembayaran yang sah di Indonesia masih belum menjadi sesuatu yang wajar. Banyak yang menolak karena uang elektronik yang di buat pada 2009 oleh Satoshi Nakamoto itu bukan bagian dari pembayaran resmi. Tetapi, anak perusahaan Mayapada mengambil terobosan dengan mengizinkan BitCoin sebagai pembayaran.

Adalah Topas TV, siaran TV berbayar menggunakan teknologi Satelit milik konglomerat Dato Sir Tahir yang menerima BitCoin sebagai pembayaran. Keputusan itu muncul karena Tahir, sebagai konglomerat dan pengusaha kaya mengikuti perkembangan era digital khususnya di bidang financial.

’’Memutuskan untuk menerima pembayaran menggunakan Bitcoin. Kami percaya itu mampu mempermudah proses transaksi jual beli masyarakat secara online,’’ ujar Finance Director Topas TV Erick Gunawan Widjaja.               

Lebih lanjut dia menjelaskan, memang ada kekhawatiran mengenai Bitcoin yang bisa dipakai untuk pembayaran pribadi dan tidak dapat dibatalkan. Sehingga, belum diterima dan diakui oleh negara sebagai alat pembayaran yang sah. Termasuk, adanya potensi untuk judi dan money laundry.

Ujung-ujungnya, banyak masyarakat yang menganggap penggunaan Bitcoin sebagai sesuatu yang bersifat kontroversial. Sampai saat ini, masih banyak yang menganggap bisa digunakan sebagai kegiatan kriminal karena bersifat anonymous.

’’Tapi, Dato Sri Tahir justru bergerak satu langkah untuk membuktikan bahwa sistem aset digital yang di tawarkan Bitcoin bisa mampu membuat dampak yang positif. Terutama, menggerakkan roda perekonomian masyarakat untuk bisnis online,’’ imbuhnya.

Gunawan menambahkan, penggunaan BitCoin baru digunakan kali pertama oleh anak perusahaan Mayapada. Alasannya, BitCoin dianggap mampu mempercepat kegiatan pembayaran, bebas biaya administrasi dan berpotensi menjadi uang digital di masa depan yang nilainya disinyalir mampu melambung tinggi.

Untuk informasi, Topas TV adalah siaran TV berbayar yang menggunakan teknologi Satelit. Layanannya kali pertama meluncur pada 29 Juli 2012 di Bandung, Jawa Barat. Sampai saat ini Topas TV memiliki 13 kantor cabang diberbagai kota besar.

(dim/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP