alexametrics

Laporan Teranyar OpenSignal, 5G Paling Populer di Korsel

3 Desember 2021, 22:16:16 WIB

JawaPos.com – Layanan 5G memang masih jadi hal baru di tanah air. Kehadirannya yang masih seumur jagung, adopsinya yang masih belum luas dan dikenal, serta keterbatasan perangkat dan ekosistem penunjangnya membuat Indonesia masih jauh dari kata baik untuk pengalaman merasakan 5G.

Meski masih tergolong baru di tanah air, teknologi jaringan seluler generasi kelima itu sudah sangat populer di beberapa negara maju lainnya. Laporan OpenSignal terbaru membeberkan, Korea Selatan (Korsel) adalah negara dengan pengalaman 5G paling baik dan melesat di dunia.

Berdasarkan laporan bertajuk “Benchmarking the Global 5G Experience – November 2021”, perusahaan analitik seluler global ini membagikan temuan terbaru mereka mengenai hasil pengukuran pengalaman 5G di berbagai negara.

Negeri asal K-Pop itu menduduki puncak untuk kecepatan unduh (download) rata-rata 5G dengan skor 423,8 Mbps dan menjadi negara-negara lainnya di dunia yang sudah menggelar 5G sebagai negara dengan kecepatan 5G paling ngebut.

Laporan global OpenSignal terkait 5G. (Istimewa)

Norwegia berada di urutan kedua dengan catatan kecepatan sebesar 355,3 Mbps dan Taiwan di posisi ketiga menorehkan speed sebesar 320 Mbps. Taiwan turun ke urutan ketiga sejak perbandingan 5G global terakhir Opensignal yang diterbitkan dua bulan lalu.

Meski begitu, Taiwan mempertahankan posisi teratas untuk kecepatan unduhan puncak 5G di dunia sementara Norwegia naik ke peringkat pertama untuk kecepatan unggah (upload) 5G dengan pengguna mengalami kecepatan rata-rata 41,9 Mbps, diikuti Taiwan di tempat kedua. Korea Selatan yang menempati posisi atas di banyak kategori 5G global, berada di urutan kesembilan untuk kategori kecepatan unggah 5G.

OpenSignal juga mengungkapkan, terdapat persaingan menarik antar tetangga. Firma riset tersebut mengungkapkan, Selandia Baru satu peringkat lebih tinggi di grafik Kecepatan Unduhan 5G global daripada Australia. Namun, skor mereka terikat secara statistik.

Di pasar nordik, Norwegia (355,3 Mbps) secara signifikan berada di depan Swedia (291,3 Mbps) dan Finlandia (208,6 Mbps) rata-rata Kecepatan Unduhan 5G. Untuk pasar Eropa, 12 negara berada di 15 besar di kecepatan unggah rata-rata 5G, termasuk pasar peluncuran awal seperti Swiss dan Jerman.

Dalam laporannya, OpenSignal juga menyebut bahwa di kategori Pengalaman Game 5G, Korea Selatan memiliki skor tertinggi yaitu 91,2 dari skala 100 poin. Hal ini dibantu karena popularitas game di Korea Selatan. Selain itu, negara tersebut juga mendapat skor tertinggi untuk Pengalaman Aplikasi Suara 5G dengan nilai 84,6.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: