alexametrics

Xiaomi Kembangkan Smartphone dengan Kamera 50X Digital Zoom

16 Oktober 2019, 11:22:09 WIB

JawaPos.com – Kemampuan foto jarak jauh dengan fitur telefoto sekarang ini banyak dikembangkan para pembuat smartphone. Sejumlah smartphone pun sudah mulai banyak yang mengusung kemampuan lensa telefoto yang menyerupai kamera konvensional tersebut.

Kini yang terbaru ada Xiaomi yang dikabarkan tengah mengembangkan smartphone dengan telefoto 5x dan zoom digital 50x. Hal tersebut terungkap dari kode sumber MIUI 11, sistem antarmuka atau user interface (UI) yang dikembangkan Xiaomi.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari XDADevelopers via Gizmochina, Rabu (16/10), Xiaomi bulan lalu meluncurkan versi terbaru dari skin Android custom-nya yang dijuluki MIUI 11. Sementara melalui kode sumbernya, anggota tim XDA telah menemukan kata kunci Tele 5x dan kata kunci ultra tele yang disertai dengan deskripsi: Gunakan zoom 50x untuk menangkap objek yang jauh dengan lebih detail.

Temuan ini kontan dikaitkan dengan Xiaomi yang sedang mengembangkan smartphone dengan 5x optical zoom dan 50x digital zoom, juga menjadikannya perusahaan Tiongkok ketiga yang melakukannya. Sebelumnya, soal smartphone dengan kemampuan zoom sudah hadir pada perangkat Oppo dan Huawei.

Huawei P30 Pro yang memiliki kamera 50x digital zoom. (XDADevelopers)

Awal tahun ini, Huawei meluncurkan P30 Pro, handset fotografi sentris yang merupakan handset pertama yang mendukung 5x optical zoom dan 50x digital zoom. Perangkat ini mampu mencapai tingkat zoom yang luar biasa dengan bantuan modul kamera periskopik.

Segera setelahnya, Oppo juga meluncurkan Reno 10x yang dilengkapi dengan sensor kamera periskopik serupa, juga mendukung 5x optical zoom dan 50x digital zoom.

Kembali ke kode sumber MIUI 11, sebelumnya terungkap bahwa Xiaomi sedang mengerjakan smartphone yang akan dapat menangkap video 8K pada 30 fps. Diperkirakan, ini akan menjadi perangkat yang sama dengan dukungan kemampuan zoom sebagaimana disinggung di atas.

Sayangnya, detail lainnya dari smartphone Xiaomi itu belum banyak terungkap. Oleh karena itu, sulit untuk mengungkapkan apakah Xiaomi juga akan mengimplementasikan modul periskopik pada smartphone-nya atau menghasilkan teknologinya sendiri.

Meski demikian, perangkat bisa menggabungkan sensor Samsung 108 MP yang juga ditemukan pada Mi Mix Alpha. Resolusi yang sangat tinggi dari sensor ini akan memungkinkan detail lebih mendalam bahkan ketika memotret dengan 8x digital zoom.

Kode sumber MIUI 11 juga mengungkapkan bahwa Xiaomi sedang mengembangkan smartphone dengan layar yang memiliki refresh rate 120 Hz. Namun sampai sekarang, kabar tersebut belum bisa dikonfirmasi apakah handset ini akan sama dengan yang memiliki 5x telefoto zoom. Namun, dengan mempertimbangkan bahwa kedua fitur ini untuk pertama kalinya akan hadir pada perangkat high-end, tidak salah juga menganggap akan menjadi handset yang sama.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads