alexametrics

Ikuti Jejak Huawei dan Oppo, Xiaomi Siapkan Smartphone Berkamera Zoom

9 Juli 2019, 18:16:16 WIB

JawaPos.com – Smartphone dengan kamera periscope atau berkemampuan zoom tinggi telah hadir di pasaran sejak awal 2019. Perangkat tersebut adalah milik Huawei dengan P30 Pro dan Oppo Reno 10x zoom. Kabar terbaru, kini Xiaomi tampaknya bakal mengambil pendekatan yang sama seperti Oppo dan Huawei.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman Xiaomishka via GSMArena, Selasa (9/7), Xiaomi dikabarkan sedang mempersiapkan smartphone dengan kamera periscope. Dalam upayanya menghadirkan smartphone kamera zoom itu, Xiaomi disebut telah mematenkan idenya di Kantor Paten Tiongkok (CNIPA). Aplikasi paten di CNIPA sudah disetujui 2 Juli lalu dan mengungkapkan detail kunci dari implementasi smartphone telefoto Xiaomi yang akan datang.

Paten menggambarkan kombinasi kamera utama dengan setidaknya satu lensa periskop pelengkap. Penempatan kamera periskop ini tegak lurus dengan kamera utama. Berkat proses pembiasan cahaya, lensa periskop akan mencapai berbagai pembesaran zoom tanpa meningkatkan ukuran kamera utama dan perangkat tentunya.

Paten terbaru perangkat smartphone Xiaomi akan dibekali kemampuan telefoto. (CNIPA/GSMArena)

Hasilnya adalah zoom lossless dengan stabilisasi gambar optik. Penawaran terkini dari Huawei dan Oppo mencapai focal length 125 mm dan 135 mm. Versi Xiaomi pun diharapkan berada dalam kisaran yang sama.

Menurut spekulasi yang beredar, kemampuan telefoto pada smartphone Xiaomi untuk pertama kali ini bakalan singgah pada perangkat Xiaomi Mi Mix 4. Perangkat tersebut dikabarkan bisa menjadi perangkat pertama dalam jajaran produk Xiaomi yang menampilkan lensa periskop baru bersama dengan sensor yang lebih baik daripada unit Samsung GW1 64 MP.

Paten terbaru perangkat smartphone Xiaomi akan dibekali kemampuan telefoto. (CNIPA/GSMArena)

Sebagai gambaran, smartphone dengan teknologi tersebut telah dijual dengan harga yang tidak murah. Wajar mengingat kemampuannya. Untuk Oppo Reno 10x zoom, perangkat tersebut di Indonesia dilepas seharga Rp 13 juta. Sementara untuk Huawei P30 Pro, handset tersebut dilego mulai Rp 10 jutaan.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads