alexametrics

Faisal Basri: Pembagian Tak Merata, Oligarki akan Saling Buka Borok

29 Januari 2022, 18:05:42 WIB

JawaPos.com – Ekonom senior Faisal Basri melihat beberapa elite di kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin diliputi oleh berbagai kepentingan dalam menjalankan perannya masing-masing. Faisal bahkan memperkirakan kabinet Indonesia Maju akan ambruk secara moral sebelum 2024.

Menurutnya, situasi saat ini sudah ada pada fase kritis. Setiap elemen pemerintahan tak akan bertahan lama jika merasa tak puas dengan keuntungan yang telah diberikan dari sisi politik.

“Saya prediksi sih nggak sampai 2024. Secara moral pemerintahan ini sudah ambruk karena mayoritas elitenya sudah tidak bisa ditutupi lagi. Skandalnya makin besar,” kata Faisal dalam sebuah webinar, Sabtu (29/1).

Faisal menambahkan, saat ini pun para elite di kabinet pemerintahan sudah pada fase saling membuka keburukan satu sama lain. Di lain pihak, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga sepertinya telah mengendus berbagai pembagian proyek.

“Saya melihat sudah pada situasi critical moment, dimana para oligarki ini sebetulnya mirip dengan koalisi jahat ya. Itu tidak langgeng. Mereka akan saling buka-bukaan borok karena pembagiannya tidak merata. Teman-teman KPK tahulah,” tuturnya.

Faisal menambahkan, nantinya berbagai skandal para elite politik akan terbongkar. Dan lambat laun hal itu akan diketahui oleh masyarakat umum. Ia pun meminta agar masyarakat dapat segera menyadari hal tersebut.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads