JawaPos Radar

Rupiah Makin Lemah, Golkar Desak Sri Mulyani Ambil Langkah Ini

05/09/2018, 16:42 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Sri Mulyani
mendesak Menteri Keuangan Sri Mulyani didesak politikus Golkar Bobby Rizaldi agar segera melakukan langkah nyata. (Jpnn/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Anggota Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Banggar DPR), Bobby Adhityo Rizaldi angkat suara terkait depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Ia mendesak Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan langkah nyata.

"Diperlukan adanya upaya-upaya konkret dari Menteri Keuangan untuk bisa memulihkan kembali rupiah," ujar Bobby di Gedung DPR, Rabu (5/9).

Menurut Bobby, salah satu cara efektif yang sebetulnya dapat ditempuh adalah dengan tidak memaksa eksportir mengonversi dolar. Sebab, langkah itu justru yang sangat riskan untuk mereka. 

“Dolar dipengaruhi oleh sentimen pasar karena itu menambah pasokan tidak akan menolong selama pasar masih yakin bahwa dolar akan terjun ke Rp 15 ribu atau bahkan hingga Rp 16 ribu,” ungkap Bobby.

Lebih lanjut, politikus Partai Golkar itu pun meminta Sri Mulyani untuk sementara waktu tidak mengejar-ngejar pajak. Hal ini dikarenakan tax ratio yang memang masih sangat kecil dan justru dapat bertambah kecil karena ada usaha-usaha untuk tax avoidance.

Sementara itu lanjut Bobby, dari sisi APBN sendiri diperlukan adanya perbaikan terutama dari sektor pembelanjaan.

"Seperti contohnya pengalokasian untuk Dana Desa, Dana Alokasi Umum, serta Dana Alokasi Khusus agar pengeluaran dapat menjadi lebih efisien. Janganlah hanya terus-terusan bergantung pada pajak," kata Bobby. 

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (USD) telah menembus angka Rp 15.029 pada Selasa (4/9) malam.

(ce1/gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up