alexametrics

Tingkat Pendidikan Penduduk Indonesia Didominasi Berpendidikan Rendah

9 April 2022, 05:36:26 WIB

JawaPos.com – Ketua MPR Bambang Soesatyo menyoroti tingkat pendidikan masyarakat Indonesia. Dia mengungkapkan dalam statistik pendidikan 2021 yang baru dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat pendidikan penduduk Indonesia didominasi penduduk berpendidikan rendah. Dia berharap kondisi ini terus diperbaiki.

Pria yang akrab disapa Bamsoet menuturkan jumlah penduduk yang tamat jenjang pendidikan menengah masih 29,21 persen. Kemudian yang lulus jenjang pendidikan tinggi hanya 9,67 persen. Di luar itu lulusan sekolah dasar atau bahkan tidak tamat sekolah dasar.

“Meskipun angka tersebut terus mengalami peningkatan secara konsisten, namun gambaran statistik itu mengisyaratkan masih banyak yang harus dilakukan untuk meningkatkan angka partisipasi,” katanya dalam pertukaran nota kesepahaman antara Universitas Terbuka (UT) dengan Universitas Perwira Purbalingga (Unperba) pada Jumat (8/4).

Bamsoet yang juga Ketua Pembina Yayasan Perguruan Karya Bhakti menuturkan pemerataan akses pendidikan sangat penting.

Khususnya pemerataan akses pendidikan tinggi. Dia mengatakan negara mengamanatkan bahwa pendidikan tinggi harus dapat dijangkau dan diakses oleh masyarakat seluas-luasnya. Politisi Partai Golkar itu mengatakan perguruan tinggi bukan menjadi barang eksklusif yang hanya dapat dinikmati oleh sebagian kelompok masyarakat.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Hilmi Setiawan

Saksikan video menarik berikut ini: