JawaPos Radar

Aturan Belum Dicabut, Kemenag Minta Jamaah Haji Tak Berswafoto

29/05/2018, 11:36 WIB | Editor: Ilham Safutra
Aturan Belum Dicabut, Kemenag Minta Jamaah Haji Tak Berswafoto
Jamaah haji dilarang berswafoto ketika berada di Masjidilharam. (Pixabay.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Arab Saudi belum mencabut larangan berswafoto bagi jamaah haji ketika berada di area Masjidilharam. Untuk itu Kementerian Agama (Kemenag) mengingatkan para jamaah untuk tidak melakukan foto selfi di depan kakbah.

"Mohon diingat, larangan itu (berswafoto, Red) belum dicabut. Masih berlaku," kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Ditjen Pelayanan Haji dan Umrah Kemenag Sri Ilham Lubis di hadapan 780 petugas haji Arab Saudi di Jakarta kemarin (28/5).

Sri meminta para calon jamaah haji (CJH) mematuhi regulasi yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi. Sri juga menegaskan, jamaah yang ber-selfie bisa mengganggu kekhusyukan ibadah haji.

Aturan Belum Dicabut, Kemenag Minta Jamaah Haji Tak Berswafoto
CJH asal Indonesia periode 2017 ketika bertolak ke Tanah Suci untuk berhaji. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

"Jadi, larangan itu sebenarnya untuk kekhusyukan ibadah haji para jamaah dan yang lainnya. Jangan sampai mengganggu yang lain," ujar Sri.

Soal makanan, lanjut Sri, para CJH akan mendapat makanan dengan cita rasa Indonesia. Dia bahkan mengatakan bahwa pemerintah akan mengirim ikan patin ke Arab Saudi untuk menambah menu makan para CJH.

Sri menjelaskan, nanti ada ahli masak Indonesia yang mengawasi kualitas masakan. Kemenag telah menyediakan 151 dapur yang akan menyiapkan makanan khas Indonesia. Semuanya dikerahkan untuk melayani kebutuhan makan jamaah haji Indonesia. 

(oni/c7/ttg)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up