JawaPos Radar

Sehari Jabat Mensos, AGK ke Lombok Serahkan Bantuan

25/08/2018, 14:30 WIB | Editor: Estu Suryowati
Sehari Jabat Mensos, AGK ke Lombok Serahkan Bantuan
Agus Gumiwang Kartasasmita dan Idrus Marham melangsungkan upacara serah terima jabatan Menteri Sosial di Kemensos, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (24/8) malam. (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) telah resmi menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos). Ia menggantikan Idrus Marham yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Satu hari setelah menjabat posisi kabinet, sejumlah tugas penting telah menunggu politikus Partai Golkar itu beraksi. Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Harry Hikmat mengatakan, hari ini AGK akan langsung terbang ke Lombok meninjau korban gempa bumi.

Ia akan melihat situasi terkini di lokasi terdampak bencana. Sehingga bisa disusun perencanaan lebih lanjut untuk pemulihan.

"Pak Menteri akan langsung berangkat ke Lombok Barat sore ini untuk langsung melihat dan melakukan upaya pemahaman situasi aktual yang real di posko-posko pengungsian," ujar Harry di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (25/8).

Selain melakukan peninjauan, AGK juga direncanakan akan menyerahkan bantuan. Bantuan yang dibawa berupa uang santunan Rp 15 juta rupiah untuk setiap ahli waris yang keluarganya menjadi korban jiwa dalam bencana ini.

"Beliau juga akan menyerahkan sejumlah bantuan ahli waris maupun santunan ahli waris sebagai sebagai korban meninggal dunia," jelasnya.

Pada esok hari, Minggu (26/8) perjalanan AGK akan dilanjutkan ke Sumbawa. Di sana dia juga akan meninjau lokasi bencana, serta memberikan beberapa bantuan.

Di sisi lain lanjut Harry, perjalanan AGK ke Lombok merupakan instruksi langsung dari Presiden dan Wakil Presiden setelah ia resmi dilantik menjadi Menteri. Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) menganggap penting seorang Mensos datang langsung ke Lombok menyelesaikan masalah yang terjadi di sana.

"Ini salah satu instruksi dan arahan dari bapak Presiden dan pak Wakil Presiden langsung, bahwa Menteri Sosial harus langsung segera berangkat ke Lombok," pungkasnya.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up