alexametrics

ICW Sebut Aziz Syamsuddin Perlu Diproses MKD

23 April 2021, 19:33:53 WIB

JawaPos.com – Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai, tindakan Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin yang diduga memfasilitasi pertemuan penyidik KPK asal Polri Stepanus Robin Pattuju (SRP) dengan Wali Kota Tanjungbalai, Muhammad Syahrial bertentangan dengan nilai-nilai etika publik. ICW mendorong agar Aziz diproses secara etik oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

“Tindakan Aziz Syamsudin bertentangan dengan nilai-nilai etika publik. Sebagai pejabat publik, Aziz berperilaku dengan tidak patut. Oleh karena itu Aziz perlu diproses secara etik oleh Mahkamah Kehormatan Dewan,” kata peneliti ICW, Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, Jumat (24/3).

Kurnia memandang, sikap Aziz yang diduga memfasilitasi pertemuan antara penyidik KPK Stepanus dan Wali Kota Tanjungbalai Muhammad Syahrial melanggar kode etik DPR RI. Terlebih hasil pertemuan itu, Syahrial menyuap Stepanus Rp 1,3 miliar agar perkara rasuah di Kota Tanjungbalai dihentikan.

“Dugaan tindakan yang dilakukan oleh Azis berpotensi bertentangan dengan berbagai ketentuan yang tercantum dalam Kode Etik DPR RI,” cetus Kurnia.

Kurnia lantas mengingatkan setiap pihak untuk tidak menghalang-halangi proses penyidikan KPK. Sebab, jika itu dilakukan, maka pihak-pihak tersebut dapat disangka dengan Pasal 21 UU Tipikor terkait obstruction of justice.

“Agar tidak berusaha mengintervensi pemeriksaan yang saat ini sedang dilakukan oleh lembaga antirasuah tersebut,” tegas Kurnia.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads