alexametrics

TNI-Polri Tembak Mati Komandan KKB

Disergap di Tempat Persembunyian di Puncak
15 Mei 2021, 11:24:59 WIB

JawaPos.com – Kontak tembak kembali terjadi di Kabupaten Puncak, Papua, pada Kamis (13/5). Dalam insiden tersebut, aparat gabungan TNI-Polri berhasil menembak mati Lesmin Waker. Dia adalah komandan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang biasa beraksi di Puncak. Lesmin merupakan bawahan Lekagak Telenggen. Di kalangan KKB, Lesmin biasa disebut komandan Pasukan Pintu Angin.

”Betul, ada kontak tembak di sekitar Kampung Wuloni, Ilaga,” ujar Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo. Tiga satuan TNI terlibat dalam kontak tembak tersebut. Yakni, Satuan Tugas (Satgas) Nanggala Kopassus, Yonif Raider 500/Sikatan dari Kodam V/Brawijaya, dan Satgas Pinang Sirih yang ditugaskan ke Papua oleh Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Personel Polri yang terlibat adalah Satgas Nemangkawi.

Kontak tembak terjadi pada pukul 07.30 WIT di tempat persembunyian KKB di Kampung Wuloni. Baku tembak itu diawali aksi pengejaran terhadap KKB oleh tim gabungan TNI-Polri.

Menurut Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes M. Iqbal Alqudusy, pihaknya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). ”Untuk mengidentifikasi korban, mengetahui keidentikan jenazah dengan sidik jari, dan mengambil (keterangan dari) saksi-saksi,” ungkap dia.

Meski begitu, berdasar ciri-ciri fisik yang terlihat, anggota KKB yang dilumpuhkan adalah Lesmin. Dari lokasi kejadian, petugas juga berhasil mendapatkan barang bukti lain. Yakni, satu helm militer, dokumen, berbagai senjata tajam, panah, serta telepon genggam.

Iqbal mengungkapkan, sehari sebelumnya, tepatnya pada Selasa (12/5), terjadi kontak tembak antara KKB dan aparat gabungan TNI-Polri. ”Tempatnya di Kamp Tagaloa,” katanya. Kamp tersebut sudah lama dikuasai KKB. ”Selama ini dihuni kelompok teroris Lekagak Telenggen,” jelasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : syn/c14/c7/oni

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads